• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Metropolis

Rahasia Sehat dan Prima ala Kiai Marzuki

Rahasia Sehat dan Prima ala Kiai Marzuki
KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur. (Foto: Istimewa).
KH Marzuqi Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur. (Foto: Istimewa).

Gresik, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar memiliki agenda yang cukup padat dalam menghadiri berbagai kegiatan, baik undangan pribadi maupun organisasi, baik di kancah nasional maupun luar negeri.

 

Apalagi saat ini PWNU Jawa Timur mengagendakan turba atau konsolidasi organisasi ke sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur. Seusai menghadiri turba di Madura, Kiai Marzuki juga hadir saat turba di Mojokerto dan Sidoarjo. Hal demikian perlu persiapan fisik yang prima agar stamina terjaga dan tubuh tetap bugar.

 

Gus Mahbub Ahmad, adik ipar Kiai Marzuki yang juga sopir pribadinya menyebutkan rahasianya agar tetap sehat dan prima. Disebutkan bahwa yang dilakukan Kiai Marzuki ialah rutin shalat berjamaah.

 

“Baik ketika ada di Pondok Pesantren Syabilul Rosyad Gasek dengan santri, ataupun di luar pesantren saat ada acara. Ini salah satu rahasia Kiai Marzuki selalu sehat dan prima," tuturnya, Ahad (30/05/2021).

 

Disamping itu, rahasia lain adalah ketika Kiai Marzuki sedang dalam keadaan capek dan letih, maka cukup dipijit oleh para santri. Maka rasa capek berangsur membaik.

 

"Hal ini rutin dilakukan oleh Kiai Marzuki sehabis ada kegiatan rutin dari luar," ujar Cak Bub, sapaan akrabnya.

 

Soal menu makan, Kiai Marzuki termasuk tipikal orang yang tidak pilih-pilih. Tapi menurut Cak Bub, satu kambing adalah menu favoritnya.

 

"Kalau ada pengajian di daerah pantura, beliau pasti mampir ke sate Matripan Desa Lowayu Kecamatan Dukun, Gresik," jelas Cak Bub.

 

Cak Bub pun berharap, agar Kiai Marzuki selalu sehat dan bugar. Serta senantiasa amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua PWNU Jawa Timur.

 

“Semoga Kiai Marzuki selalu sehat wal afiat, serta dapat menjalankan amanah di NU dengan baik," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru