• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Metropolis

1 ABAD NU

Resmi Dibuka, Pameran Komite Hijaz Rekam Peristiwa Bersejarah Muassis NU

Resmi Dibuka, Pameran Komite Hijaz Rekam Peristiwa Bersejarah Muassis NU
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya secara resmi membuka Pameran Foto dan Dokumen Komite Hijaz di Hotel Shangri-La, Surabaya, Ahad (05/02/2023). (Foto: NOJ/ Instagram @tvnu.id)
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya secara resmi membuka Pameran Foto dan Dokumen Komite Hijaz di Hotel Shangri-La, Surabaya, Ahad (05/02/2023). (Foto: NOJ/ Instagram @tvnu.id)

Surabaya, NU Online Jatim

Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) PBNU menggelar Pameran Foto dan Dokumen Komite Hijaz. Agenda tersebut resmi dibuka oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di Hotel Shangri-La Surabaya, Ahad (05/02/2023).


Dalam kesempatan itu, Gus Yahya menyampaikan bahwa Komite Hijaz dapat melahirkan peristiwa bersejarah bagi organisasi NU. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya keras muassis NU, khususnya KH Abdul Wahab Hasbullah sebagai sang inisiator gerakan.


“Semua orang tahu komite ini berhasil merebut hijaz melalui suatu revolusi yang sangat keras,” ujar Gus Yahya.


Ia mengatakan, kumpulan manuskrip dan dokumen yang dipamerkan tersebut merupakan sekumpulan bahan guna menyempurnakan narasi perjuangan para muassis pelopor Komite Hijaz di masa lalu.


“Kita membutuhkan suatu narasi tentang apa yang sebenarnya diperjuangkan oleh pendahulu kita ketika dengan berani membuat inisiatif membentuk Komite Hijaz dan berangkat ke Hijaz bertemu dengan penguasa Hijaz Raja Ibnu Saud,” ungkapnya.


“Dari semua ini kalau kita kumpulkan beliau sudah mengusulkan Komite Hijaz ini sejak 1925 sebelum NU didirikan,” imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Lesbumi PBNU KH Muhammad Jadul Maula menuturkan, Pameran Komite Hijaz ini merekam perjalanan bersejarah KH Abdul Wahab Chasbullah dan Syekh Ghanaim al-Amir ketika bertemu Raja Ibnu Saud tahun 1928 M.


“Paling tidak, membuka satu ingatan, membuka satu semacam komitmen dan rasa syukur terima kasih kepada para muassis atas perjuangannya, ketika digambarkan naik kapalnya, ketemu banyak orang,” katanya saat memberikan sambutan.


Dirinya menyebutkan, keberangkatan ke Hijaz itu dilakukan dengan biaya sendiri. Hal itu juga menggambarkan keikhlasan KH Abdul Wahab Chasbullah dan kuatnya komitmen perjuangan dan visinya ke depan.


“Mudah-mudahan dengan ini dapat mengambil spirit dan inspirasi, ngalap barokahnya,” katanya.


Diketahui, turut hadir dalam agenda tersebut di antaranya KH Hasib Wahab selaku dzurriyah KH Abdul Wahab Chasbullah, Ketua LTN PBNU H Ishaq Zubaedi Raqib, dan undangan lainnya.


Metropolis Terbaru