• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Resmi Dilantik, JQHNU Sidoarjo Akan Cetak Kader-kader Qur'ani

Resmi Dilantik, JQHNU Sidoarjo Akan Cetak Kader-kader Qur'ani
Foto bersama usai pelantikan. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Foto bersama usai pelantikan. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Jamiyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Sidoarjo, H Mutrofin Al-Hafidz menuturkan organisasinya mempunyai beberapa program untuk lima tahun ke depan. Pernyataan tersebut ia katakan saat memberi sambutan usai dilantik, Ahad (07/08/2022) pagi.

 

“Setelah pelantikan ini kami akan melaksanakan program-program strategis untuk mencetak kader-kader Qur’ani di wilayah Sidoarjo,” katanya.

 

Pada acara pelantikan yang digelar di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo lantai 3 itu, Mutrofin secara spesifik menyebutkan program yang akan ia garap adalah pembinaan guru tahfidz di lingkup formal maupun non formal. Mewujudkan pendidikan Tahsin, Tahfidz, dan Baca tulis Quran (BTQ), serta khat kaligrafi di sekolah-sekolah NU.

 

“Kami akan berupaya membantu sertifikasi dan intensif guru dan kemandirian para hafidz hafidzah. Itu semua menjadi konsentrasi kami ke depan untuk memaksimalkan potensi kader-kader Qur’ani di bumi delta,” ucapnya.

 

Selain program yang telah disebut di atas, pengurus PC JQHNU Sidoarjo mengaku punya cara tersendiri yang telah didapat dari pengarahan Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin dalam membina JQHNU yang ada di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun Pengurus Ranting (PR).

 

“Sesuai arahan ketua PCNU, ke depan kami akan melaksanakan pembinaan sampai ke tingkat ranting. Untuk memaksimalkan program ini, nantinya PC JQHNU Sidoarjo akan bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) JQHNU yang ada di kecamatan,” tuturnya.

 

Bersama JQHNU di MWCNU dan PR diharapkan mampu menghidupkan dan melakukan pembinaan pada a hafidz dengan melaksanakan semaan atau Khotmil Quran Kubro dan Lailatul qiraah yang dilaksanakan bergilir disetiap PAC.

 

“Dengan program-program yang telah kami sebutkan di atas, tentu kami berharap bisa memupuk semangat teman-teman pengurus  JQHNU Sidoarjo untuk melaksanakan pembinaan sampai ke ranting,” tandasnya.

 

Hadir pada acara pelantikan ini Wakil Rais Syuriah PCNU Sidoarjo yang juga menjabat di Pimpinan Pusat (PP) JQHNU KH Sholeh Qosim, Ketua PCNU Sidoarjo KH M Zainal Abidin. Hadir pula jajaran PW JQHNU Jatim dan beberapa perwakilan lembaga dan Badan Otonom (Banom) NU Sidoarjo.


Metropolis Terbaru