• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Metropolis

Sambut Ramadlan, Ansor Banser di Surabaya Gelar Bersih-bersih Makam

Sambut Ramadlan, Ansor Banser di Surabaya Gelar Bersih-bersih Makam
Logo Ansor Banser. (Foto: NOJ/istimewa)
Logo Ansor Banser. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Sembilan hari lagi umat Muslim di seluruh dunia memasuki bulan Ramadlan. Berbagai cara untuk menyambut bulan nan mulia ini digelar demi mempersiapkan diri secara dlohir dan batin. Sama halnya dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wonocolo yang mengadakan bakti sosial dan bersih-bersih makam.

 

“Kegiatan ini kami gelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadlan. Kegiatan diawali dengan khotmil Quran, dilanjut dengan tahlil, dan ditutup dengan ziarah ke maqbaroh para sesepuh NU di wilayah Wonocolo,” kata M Mas’ud, Ketua PAC GP Ansor Wonocolo, Jumat (02/04/2021).

 

Dirinya melanjutkan, bahwa ada empat makam para sesepuh NU yang diziarahi.

 

“Diantaranya kami berziarah ke KH Masykur Hasyim, KH Abdul Fatah, KH Zubaur, dan KH Mas Fatoni,” tambahnya.

 

Menurutnya, ini merupakan agenda tahunan PAC GP Ansor Wonocolo namun ada sesuatu yang special dalam periode kepunguran Gus Mas’ud ini.

 

“Ada yang spesial dari periode kepengurusan Gus Mas'ud tahun ini yakni adanya khotmil Qur'an di tengah prosesi bakti sosial dan bersih-bersih makam,” terangnya.

 

Dirinya bersyukur karena bakti sosial ini dihadiri oleh perwakilan ranting Ansor-Banser se-Kecamatan Wonocolo.

 

“Alhamdulillah acara bakti sosial ini dihadiri sebanyak kurang lebih 50 orang dari perwakilan ranting Ansor-Banser seluruh se-Kecamatan Wonocolo,” ujarnya.

 

Gus Mas’ud berharap kegiatan ini dapat digelar istikamah secara berkala.

 

“Harapannya semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan tiap tiga bulan sekali dan setiap tahun sebagai bukti bahwa program Ansor Banser benar-benar bisa dirasakan masyarakat umum,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru