• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Seleksi Beasiswa Tahfidz dan Baca Kitab Kuning, Unusida Siapkan Kader Terbaik

Seleksi Beasiswa Tahfidz dan Baca Kitab Kuning, Unusida Siapkan Kader Terbaik
Peserta mengikuti ujian seleksi beasiswa tahfidz dan baca kitab kuning Unusida. (Foto: Sholehuddin)
Peserta mengikuti ujian seleksi beasiswa tahfidz dan baca kitab kuning Unusida. (Foto: Sholehuddin)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) melaksanakan proses seleksi beasiswa jalur tahfidz dan baca kitab kuning, Rabu (24/08/2022).  Pelaksanaan proses seleksi ini dipusatkan di auditorium kampus setempat.


H Fatkul Anam selaku Rektor Unusida mengatakan, beasiswa tahfidz ini dilakukan dalam rangka menyiapkan kader terbaik.


“Sejatinya program beasiswa tahfidz sudah berjalan 3-4 tahun. Hanya baru tahun ini dilakukan secara formal,” katanya.


Disebutkan, salah satu alumni beasiswa tahfidz Unusida adalah Mushonnif yang saat ini juga menempuh S2. Hebatnya, dia  dari program studi  teknik kimia yang selama ini dianggap paling sulit.


“Dia yakin ada korelasi antara tahfidz dengan kecerdasan. Kalau menjaga hafalan Al-Qur’an yang sulit saja bisa dilakukan, mestinya menguasai materi kuliah lebih bisa dilakukan,” tuturnya.


Tahun ini, Unusida menyediakan beasiswa eksternal dan internal. Tidak kurang dari 20  beasiswa disiapkan untuk empat jalur, yaitu tahfidz, baca kitab kuning, penyandang disabilitas, dan dari keluarga tidak mampu yang tidak terfasilitasi Kartu Indoneaia Pintar (KIP). Bahkan jika cumlaude akan diberikan beasiswa S2.


“Terima kasih kepada Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) Unusida yang selama ini mendampingi dan mensupport program kampus. Tentu ini tidak lepas dari dukungan dari PCNU Sidoarjo dan PC Muslimat NU Sidoarjo,” tandasnya.


Sementara itu, Sekretaris PCNU Sidoarjo H Agus Mahbub Ubaidillah yang hadir mewakili Ketua PCNU dalam pengarahannya mengapresiasi program Unusida.


“Kami berharap Unusida ke depan makin maju. Oleh karena itu  ekspektasi ini harus terus dikawal bersama-sama,” ungkapnya.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat  NU Sidoarjo, Hj Ainun Jariyah mengatakan, organisasi yang dipimpinnya ingin berkomitmen mendukung pendidikan di Sidarjo dari anak usia dini hingga perguruan tinggi.


“Kami Muslimat NU Sidoarjo siap memberi beasiswa untuk mahasiswa Unusida,” ujar perempuan yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Sidoarjo itu.


Tim penguji seleksi beasiswa ini melibatkan jajaran syuriyah serta Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffadz Sidoarjo. Hadir dalam kesempataan itu, Ketua BPP Unusida H Arli Fauzi yang juga Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, Sholehuddin Sekretaris BPP Unusida sekaligus Ketua ISNU PC Sidoarjo, dan Bendahara BPP Unusida yang juga bendahara PC Muslimat NU Sidoarjo Hj Ulfaningsih dan sifitas akademika. 


Penulis: Sholehuddin


Editor:

Metropolis Terbaru