• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Serba-serbi Idul Fitri di Jatim, dari yang Lucu hingga Serius

Serba-serbi Idul Fitri di Jatim, dari yang Lucu hingga Serius
Penjaga toko di kawasan makam Sunan Ampel Surabaya dihukum push up karena tidak memakai masker. (Foto: Humas Polda Jatim)
Penjaga toko di kawasan makam Sunan Ampel Surabaya dihukum push up karena tidak memakai masker. (Foto: Humas Polda Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Momentum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah melahirkan sejumlah peristiwa di Jawa Timur. Ada yang lucu dan menggelikan, ada yang mengundang kegembiraan, dan ada pula yang menggambarkan suasana yang serius. Semua itu terjadi sepanjang malam takbiran hingga Shalat Id digelar di ribuan masjid di Jatim.

 

Kembang Api Hiasi Langit Bangkalan

Letusan petasan dan kembang api menyalak-nyalak di Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Madura, beberapa saat setelah azan Maghrib berkumandang pada Rabu malam (12/05/2021). Langit yang gelap dihiasai percikan warnaa-warni kembang api di sejumlah titik.

 

Dar-der-dor petasan dan kembang api itu disulut warga di Bangkalan sebagai tanda berakhirnya Ramadlan 1442 Hijriah. Esoknya Hari Raya Idul Fitri dilalui. Kebetulan, saat itu NU Online Jatim tengah melintas di :Pulau Madura. Sepanjang jalan dari Bangkalan hingga Sumenep, takbir menggema di masjid-masjid.

 

Pedagang Makam Sunan Sampel Dihukum Push up

Di lokasi lain, sejumlah pegawai toko di gang menuju makam Sunan Ampel Surabaya dihukum push up oleh petugas dari Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak pada Rabu malam. Mereka disanksi begitu karena kedapatan tidak memakai masker saat melayani pengunjung.

 

Tentu saja pemadangan itu menarik perhatian peziarah. Para peziarah yang semula abai spontan memasang masker mereka agar tidak terkena hukuman serupa. Mereka yang tak sempat memakai masker langsung ditegur oleh petugas.

 

Hadir dalam sidak Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko, Dansat Brimob Polda Jatim Kombes Pol Amostian, dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum.

 

Shalat Id di MAS Berlangsung Khusyuk

Di bagian lain, pelaksanaan Shalat Id berjamaah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya berlangsung lancar dan khusyuk. Sekitar  6.000 orang hadir dan mengikuti Shalat Id, termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

 

Mereka yang hadir dan dibolehkan mengikuti Shalat Id ialah yang sudah terdaftar dan membawa ID khusus. Sesuai panduan yang sudah disiapkan panitia, sebelum masuk suhu tubuh jemaah dicek terlebih dahulu. Mereka kemudian masuk ke dalam masjid dan menempati shaf yang sudah ditandai dengan jarak masing-masing 1,5 meter. Usai shalat, khotbah disampaikan khatib tak lebih dari 10 menit. Setelah itu jamaah pulang tanpa bersalaman.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru