• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Sambut ldul Fitri, NU Kota Surabaya Gelar Takbiran Virtual

Sambut ldul Fitri, NU Kota Surabaya Gelar Takbiran Virtual
Ketua PCNU Kota Surabaya, H Ahmad Muhibbin Zuhri. (Foto: NOJ/FBd)
Ketua PCNU Kota Surabaya, H Ahmad Muhibbin Zuhri. (Foto: NOJ/FBd)

Surabaya, NU Online Jatim

Hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah sudah ada di depan mata. Karena pada Kamis (13/05/2021) sudah dapat dipastikan memasuki 1 Syawal. Bersamaan dengan itu, pada Rabu (12/05/2021) petang, lantunan takbir akan bergema di mana-mana meramaikan malam pergantian bulan Ramadlan.

 

Seakan tidak ingin kehilangan momentum, begitu juga dengan Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surabaya yang juga menyiapkan takbiran. Namun bukan dengan keliling kampung atau menggelar arak-arakan, tapi secara virtual. Kegiatan akan dilaksanakan malam ini dan disiarkan secara langsung lewat HBNO TV.

 

“Pada kondisi pandemi yang masih belum selesai ini, PCNU Kota Surabaya akan melakukan takbiran virtual,” kata H Ahmad Muhibbin Zuhri, Rabu (12/05/2021).

 

Menurut Ketua PCNU Kota Surabaya tersebut, takbiran secara virtual juga menindaklanjuti surat edaran Kementerian Agama, Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya yang membahas seputar pelaksanaan takbiran malam ldul Fitri 1442 H.

 

Selain itu, H Muhibbin menginginkan umat Islam untuk tetap mengumandangan takbiran akan tetapi dilakukan secara virtual. Hal tersebut dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi yang ada sebagai antisipasi terjadinya kerumunan. Juga agar semakin banyak yang bergabung.

 

“Takbiran kita lakukan melalui virtual, harapannya banyak Nahdliyin bisa bergabung bersama untuk mengumandangkan lantunan takbir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT,” tuturnya.

 

Pada kesempatan berbeda, M Mundir selaku penanggung jawab takbiran virtual menjelaskan untuk teknis takbiran dibuka oleh Rais dan Ketua PCNU Kota Surabaya. Selanjutnya diikuti secara bergantian oleh pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Nahdliyin di kota pahlawan tersebut.

 

“Karena Rasulullah mengajarkan umat lslam untuk menggaungkan takbir dan asma Allah. Dan takbiran ini sebagai ikhtiar kita dalam menghidupkan malam hari raya ldul Fitri,” katanya.

 

Editor: Syaifullah

 


Editor:

Metropolis Terbaru