Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Seribu Majelis Khatmil Qur’an Turut Ramaikan Hari Santri 2021 di Sidoarjo

Seribu Majelis Khatmil Qur’an Turut Ramaikan Hari Santri 2021 di Sidoarjo
Kegiatan majelis Khatmil Qur’an yang dilaksanakan oleh PAC JQHNU Sukodono, Kabupaten Sidoarjo di pendopo kecamatan setempat, Kamis (21/10/2021) pagi.(Foto: NOJ/LYR)
Kegiatan majelis Khatmil Qur’an yang dilaksanakan oleh PAC JQHNU Sukodono, Kabupaten Sidoarjo di pendopo kecamatan setempat, Kamis (21/10/2021) pagi.(Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Kabupaten Sidoarjo diramaikan dengan acara 1000 Majelis Khatmil Qur’an secara serentak, Kamis (21/10) pagi.

 

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara Pimpinan Cabang (PC) Jam'iyatul Qurra Wal Huffadh Nahdlatul Ulama (JQHNU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

 

Pelaksanaan acara 1000 majelis Khatmil Qur’an ini tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo. Adapun di setiap kecamatan terdapat 20-60 Majelis Khatmil Qur’an yang ditempatkan di pendopo kecamatan, balai desa, masjid, mushala, dan rumah warga.

 

Khusus di wilayah Kecamatan Sukodono, kegiatan majelis Khatmil Qur’an ini dipusatkan di Pendopo kecamatan setempat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

 

Pelaksana tugas (Plt) Camat Sukodono Makhmud mengatakan, kegiatan Khatmil Qur’an ini juga sudah menjadi kegiatan rutin setiap bulan yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Sukodono. Dirinya berharap, kegiatan Khatmil Qur’an ini juga rutin digelar di balai desa se-Kecamatan Sukodono.

 

“Sehingga kita dapat merasakan keberkahan dari Al-Qur'an ini menjadi energi posistif kebaikan. Juga sebagai ajang silaturahim antara pemerintah dengan para hufadh Al-Qur'an dan  pecinta Al Qur'an. Selain itu juga untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar mencintai Al-Qur’an dengan membacanya  secara rutin setiap hari,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) JQHNU Sukodono M Qodir menuturkan, di wilayah Kecamatan Sukodono sendiri kegiatan Khatmil Qur’an ini digelar di 20 majelis.

 

“Dengan rincian yang 10 majelis dilaksanakan di pendopo kecamatan. Sedangkan 10 majelis lainnya dilangsungkan di masjid, mushala, dan beberapa lokasi di desa yang sudah menjadi tempat pelaksanaan kegiatan rutin bulanan para hufadh pada setiap Kamis malam Jum’at legi,” tuturnya kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, momentum peringatan HSN ini merupakan pelajaran sekaligus dalam rangka memperingati resolusi jihad pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengaplikasikan Al- Qur'an dalam bacaan, tafsir, tajwid, makna setiap kandungan ayat, dan amalan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

“Kami berharap, kegiatan ini menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahun di dalam momen peringatan HSN. Semoga dengan dikumandangkannya ayat-ayat suci Al-Qur'an ini oleh para pecinta Al-Qur’an tersebut dapat menambah keberkahan di Kecamatan Sukodono,” pungkasnya.

Terkait

Metropolis Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini