• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Metropolis

SMK Plus NU Sidoarjo Bekali Siswa Keterampilan Jurnalistik

SMK Plus NU Sidoarjo Bekali Siswa Keterampilan Jurnalistik
Pelajar Jurnalistik atau Arlistik I oleh SMK Plus NU Sidoarjo, Jum’at (13/01/2023). (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Pelajar Jurnalistik atau Arlistik I oleh SMK Plus NU Sidoarjo, Jum’at (13/01/2023). (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus NU Sidoarjo menggelar pelatihan Pelajar Jurnalistik atau Arlistik I, Jum’at (13/01/2023). Kegiatan bertajuk "Merdeka Belajar, Merdeka Menulis" itu digelar guna memberikan keterampilan jurnalistik kepada siswa.


Kepala SMK Plus NU Sidoarjo Nur Muchamad Sholichuddin mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelatihan jurnalistik tersebut diharapkan dapat terus berlanjut setiap bulannya sehingga lahir jurnalis-jurnalis muda yang handal dari sekolah kebanggan NU Sidoarjo.


"Dimana di dalam pelatihan ini, para siswa kami dapat memiliki skill atau kemampuan menulis yang baik dan benar. Sehingga literasi yang baik diawali dari kegiatan ini," ujar Sholichuddin saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Sabtu (14/01/2023).


Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali digelar. Ke depan, para siswa diharapkan dapat menulis hal yang baik tentang berbagai hal yang ada di SMK Plus NU Sidoarjo. Jika nanti skill para siswa dinilai cukup baik, maka akan ditularkan kepada para siswa pada jenjang SMP dan MTs di Sidoarjo, tentunya dengan bimbingan para jurnalis profesional.


"Dengan membawa program School Sisters SMK Plus NU Sidoarjo, salah satu misi keterampilan yang dibawa anak-anak adalah menulis yang baik tentang sekolahnya masing-masing," terangnya.


Terpisah, Ketua Panitia Arlistik I SMK Plus NU Sidoarjo sekaligus peserta pelatihan, Cahyani Sylvi mengaku sangat senang dengan pelatihan tersebut. Sebab, pelatihan jurnalistik dapat memberikan pengetahuan baru tentang jurnalistik. "Ilmunya sangat bermanfaat sekali, jadi ini baru pertama kali bagi saya," ujar siswi jurusan farmasi tersebut.


Hal senada juga disampaikan Nanda Vania, siswi kejuruan keperawatan. Menurutnya, banyak pengetahuan baru yang didapat, mulai tugas jurnalis, teknik fotografi, hingga mengenai pemberitaan.


"Jadi tahu dasar-dasar jurnalistik. Termasuk penjelasan tentang apa itu berita, kegiatan jurnalis itu kerjaannya apa saja, dan lainnya," ucapnya.


Sebagai informasi, kegiatan ini diawali dengan penandatanganan kerja sama pendidikan jurnalistik antara Ketua PWI Sidoarjo Mustain dan Kepala SMK Plus NU Sidoarjo Nur Muchamad Sholichuddin. Penandatanganan tersebut disaksikan sejumlah guru SMK Plus NU Sidoarjo dan seluruh peserta pelatihan jurnalistik.


Metropolis Terbaru