• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Pantura

IPNU-IPPNU di Lamongan Dibekali Pengetahuan Jurnalistik

IPNU-IPPNU di Lamongan Dibekali Pengetahuan Jurnalistik
Pelatihan Jurnalistik oleh PK IPNU-IPPNU MA Hasyim Asy'ari, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)
Pelatihan Jurnalistik oleh PK IPNU-IPPNU MA Hasyim Asy'ari, Lamongan. (Foto: NOJ/M Idris Muzaki)

Lamongan, NU Online Jatim
Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Madrasah Aliyah (MA) Hasyim Asyari, Lamongan mengadakan pelatihan jurnalistik. Kegiatan dipusatkan di Gedung MA Hasyim Asyari, Desa Kedungmegarih, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan, Rabu-Kamis (22-23/06/2022).


Kepala Sekolah MA Hasyim Asyari, A Hasan Mudlofar mengaku sangat mendukung pelatihan jurnalistik tersebut. Yakni, dengan harapan kader IPNU-IPPNU setempat nantinya bisa menjadi jurnalis.


“Saya menyambut baik kegiatan ini. Semoga hasilnya nanti dapat diamalkan oleh para kader IPNU-IPPNU,” tuturnya.


Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut diupayakan dapat meningkatkan spirit kader IPNU-IPPNU agar mempunyai minat kuat dalam bidang literasi, serta tidak tergerus dengan perkembangan zaman yang begitu cepat.


“Pentingnya kegiatan ini bagi siswa untuk menyongsong kurikulum merdeka belajar, sebagai media peningkatan mutu siswa melalui pengembangan soft skill,” imbuhnya.


Ia juga berharap, dengan kegiatan tersebut peserta dapat melakukan pengembangan tiga N, yakni nontoni, niruni, dan nambahi. Menurutnya, untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan kerja sama yang baik dari berbagai faktor.


“Baik itu dari siswa itu sendiri, dukungan keluarga, serta dewan guru yang juga dituntut untuk berupaya memberikan pendidikan yang baik demi tercapainya kualitas pendidikan tersebut,” paparnya.


Sementara Waka Kesiswaan MA Hasyim Asyari, Imroatul Latifah menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons dari surat edaran yang diterbitkan Kementerian Agama mengenai hari libur.


“Sehingga momen ini kami kemas dengan diadakannya kegiatan pelatihan jurnalistik sebagai upaya peningkatan potensi dan kompetensi anak didik,” terangnya.


Ia berpesan, agar pasca selesainya acara ini peserta didik dapat mengembangkan ilmu yang telah diperoleh. Hal itu untuk meningkatkan mobilisasi digital sebagai bentuk pembudayaan literasi pelajar di kalangan milenial.


Diketahui, kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta dari Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU setempat dan siswa-siswi yang memiliki kemampuan di bidang jurnalistik.


Pantura Terbaru