• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Kediri Raya

Mahasiswa UNU Blitar Serap Ilmu Jurnalistik di RRI Yogyakarta

Mahasiswa UNU Blitar Serap Ilmu Jurnalistik di RRI Yogyakarta
Mahasiswa UNU Blitar saat berkunjung ke RRI Yogyakarta belajar ilmu jurnalistik. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Mahasiswa UNU Blitar saat berkunjung ke RRI Yogyakarta belajar ilmu jurnalistik. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim
Puluhan mahasiswa dan dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar melakukan kunjungan ke Radio Republik Indonesia (RRI) di Yogyakarta, Senin (13/06/2022).


Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menyempurnakan mata kuliah Jurnalistik dan Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) yang telah ditempuh selama satu semester. Kegiatan diawali pembekalan materi tentang liputan berita dan dokumentasi, pengembangan berita, kode etik wartawan, seni wawancara, serta strategi dalam mengelola berita yang berkualitas.


“Peristiwa yang diulas harus sesuai dengan fakta dan isu terbaharu agar berita yang tersaji dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” ujar Tinus Ohoira, Koordinator Pengembangan Berita RRI Yogyakarta saat menyampaikan materi.


Dirinya menjelaskan, salah satu tantangan dalam reportase adalah menulis cepat dan tepat, serta kebenarannya sesuai peristiwa yang terjadi. Sebab menurutnya, berita hoaks sudah banyak beredar di media sosial.


“Untuk itu, saya mengimbau agar kaum terpelajar ini hendaknya lebih teliti dalam menyikapi sebaran informasi yang belum jelas kebenarannya,” tegasnya.


Tak cukup itu, Tinus Ohoira dalam penyampaiaannya juga menekankan dan mengingatkan perihal komitmen dan totalitas dalam berkarya.


Sedangkan dosen Prodi PBI UNU Blitar, Redhitya Wempi Ansori mengatakan bahwa tujuan kunjungan kali ini agar mahasiswa memiliki esensi atas pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh.


“Dengan diselenggarakannya kunjungan ini tentunya diharap dapat mensinkronkan terkait materi bahan ajar yang diperoleh saat di kelas dengan realita di lapagan. Tentu saja hal ini juga untuk menambah khazanah dan wawasan,” terangnya.


Pihaknya berharap, usai diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa UNU Blitar mampu mensinkronkan antara teori saat di dalam kelas dengan praktik saat di lapangan.


“Saya juga berharap nantinya para mahasiswa dapat terlibat di ranah kepenulisan jurnalistik maupun di balai kebahasaan,” pungkasnya.


Diketahui, mahasiswa dan dosen yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebanyak 62 orang. Tidak hanya melakukan kunjungan Kantor RRI Yogyakarta, mereka juga berkunjung ke Balai Bahasa Yogyakarta.


Usai melaksanakan kunjungan, sejumlah mahasiswa menikmati destinasi yang ada di Yogyakarta. Meliputi, Taman Malioboro, Tebing Breksi, dan diakhiri dengan menikmati kuliner khas Yogyakarta.


Kediri Raya Terbaru