• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Kediri Raya

Ta'aruf Rektor Baru, Prof Mukri Optimis UNU Blitar Lebih Baik

Ta'aruf Rektor Baru, Prof Mukri Optimis UNU Blitar Lebih Baik
Prof Moh Mukri menyampaikan sambutan pada kegiatan Ta'aruf Rektor UNU Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Prof Moh Mukri menyampaikan sambutan pada kegiatan Ta'aruf Rektor UNU Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar Ta'aruf Rektor pada Kamis (12/05/2022). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut kedatangan rektor baru UNU Blitar, yaitu Prof Moh Mukri yang resmi dilantik pada 22 April 2022 lalu di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Lantai 8, Jakarta. Kegiatan Ta'aruf Rektor ini dipusatkan di Pendopo Sasana Adhi Praja, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.


Kiai Mujab, Perwakilan Badan Pelaksana Pengelola (BPP) UNU Blitar mengungkapkan, Prof Mukri dilihat dari track record dengan segala kepiawaiannya dalam memimpin Universitas Raden Intan (Unira) Lampung diharapkan mampu membawa UNU Blitar yang lebih baik lagi.


"Besar harapan kami, dengan tangan dingin Prof Mukri dapat membawa UNU Blitar bersama dengan civitas akademikanya dapat bahu membahu untuk membesarkan UNU Blitar, bahkan lebih besar dari Unira Lampung,” katanya.


Sementara itu, Rektor UNU Blitar Prof Moh Mukri dalam sambutannya menuturkan, dirinya tidak pernah menyangka akan terpilih menjadi rektor. Namun, karena utusan langsung dari Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf, maka ia berprinsip sami'na wa atha'na.


“Insyaallah, saya berkomitmen untuk bersikap sebijak mungkin. Saya ingin mengadopsi segala kompetensi yang ada, apalagi Blitar adalah salah satu contoh Bhineka Tunggal Ika, dimana perpaduan yang lengkap ada di Blitar. Maka dari itu, saya ingin membawa UNU Blitar menjadi role model Universitas NU di Indonesia,” jelasnya.


Pria yang juga Ketua PBNU ini menjelaskan, salah satu langkah untuk memulainya adalah dengan memperkenalkan UNU Blitar kepada stakeholder yang ada, baik di Kabupaten Blitar maupun Kota Blitar.


“Hal ini untuk mempermudah komunikasi dan konsolidasi. Sehingga UNU Blitar semakin dikenal oleh masyarakat, tidak hanya Nahdliyin tetapi juga masyarakat umum,” ungkap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung ini.


Ia menambahkan, UNU Blitar menjadi salah satu universitas yang diharapkan menjadi universitas andalan dalam lingkup NU. Apalagi dibarengi dengan berkembangnya lembaga pendidikan dalam lingkup NU, baik tingkat madrasah maupun perguruan tinggi.


Untuk itu, dirinya berharap seluruh pihak terkait mampu bersinergi dan mendorong untuk kebaikan dan kemajuan UNU Blitar. Seperti yang disampaikan oleh Ibnu 'Arabi, ketika seseorang mempunyai mimpi tentang kejayaan dan seseorang tersebut dikelilingi oleh orang hebat, maka kejayaan itu akan menjadi nyata.


“Oleh karena itu, saya berharap segenap civitas akademika UNU Blitar mampu memberikan energi positif. Sebab energi positif apabila disinergikan akan membawa kekuatan yang luar biasa. Sehingga mempermudah UNU Blitar dalam mencapai tujuan dan dapat mencetak generasi yang mampu menjawab tantangan zaman,” pungkasnya.


Diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Blitar Rini Syarifah, Wali Kota Blitar Santoso, Rektor IAIN Kediri Wahidul Anam, Rais PCNU Kabupaten Blitar Kiai Ardani Ahmad, Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Blitar Nyai Masluchi Syaifullah, dan undangan lainnya.


Kediri Raya Terbaru