• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Matraman

Sejumlah Harapan Stakeholder terhadap Rektor Baru UNU Blitar

Sejumlah Harapan Stakeholder terhadap Rektor Baru UNU Blitar
Kiai Ardani Ahmad, Rais PCNU Kabupaten Blitar saat memberikan Mauidhoh Hasanah pada kegiatan Ta'aruf Rektor UNU Blitar. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)
Kiai Ardani Ahmad, Rais PCNU Kabupaten Blitar saat memberikan Mauidhoh Hasanah pada kegiatan Ta'aruf Rektor UNU Blitar. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Terpilihnya Prof Mohammad Mukri sebagai rektor baru membawa angin segar untuk Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. Pasalnya, Prof Mukri memiliki banyak keahlian dan berbagai pengalaman yang membawa banyak harapan dari berbagai stakeholder, baik di Kabupaten Blitar maupun Kota Blitar.

 

Kiai Ardani Ahmad, Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar menuturkan, Prof Mukri merupakan sosok yang mumpuni, baik dari ilmu dan amalnya. Hal ini dibuktikan dengan sanad keilmuannya sebagai santri sudah jelas, dari segi pengalaman dalam dunia akademik juga sudah tidak diragukan lagi.

 

“Maka dari itu, insyaaallah saya yakin dengan kerja keras, jaringan dan relasi dari Prof Mukri dapat menjadikan UNU Blitar sebagai universitas kebanggaan dan mampu menjawab serta mencukupi kebutuhan masyarakat,” tutur Kiai Ardani saat menyampaikan Mauidhoh Hasanah dalam acara Ta'aruf Rektor, di Pendopo Sasana Adhi Praja, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Kamis (12/05/2022).

 

Kiai Ardani juga menambahkan, hadirnya UNU Blitar tidak semata-mata untuk gengsi atau lahan mencari uang, melainkan sebagai ikhtiar untuk mempertahankan ajaran Rasulullah dengan ajaran ahlussunnah wal jama'ah an-nahdliyyah. Salah satunya mengajak masyarakat untuk menjadi santri Kiai Hasyim Asy’ari.

 

“Karena UNU Blitar dengan lingkungan dan kultur ahlussunnah wal jama’ah annahdliyah yang kuat, ditambah kehadiran Prof Mukri yang sudah jelas latar belakangnya sebagai santri, insyaaallah anak-anak kita yang ada di UNU Blitar dapat menyalurkan dan mengimplementasikan ke NU-annya ketika terjun ke masyarakat,” jelas Kiai Ardani.

 

Sementara itu, Rini Syarifah Bupati Blitar mengungkapkan, perguruan tinggi salah satunya UNU Blitar memiliki peran dan kontribusi yang cukup penting untuk pemerintah dalam melaksanakan akselerasi program pembangunan baik daerah maupun nasional. Maka dari itu, diharapkan UNU Blitar bisa menjadi pusat keunggulan pada bidang keilmuan yang sesuai dengan kompetensinya. Meskipun di usia yang cukup muda namun di bawah kepemimpinan Prof Mukri dan dibantu dengan segenap civitas akademika, UNU Blitar mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

 

“Kami juga berpesan untuk mahasiswa UNU Blitar, mengingat NU didirikan dan didesain untuk kemakmuran bangsa serta sebagai rahmatan lil alamin, maka para mahasiswa harus selalu berpegang teguh pada ajaran ahlussunnah wal jama'ah an-nahdliyyah. Tentunya dibarengi dengan terus meningkatkan kompetensi diri dengan kecanggihan teknologi dan informasi,” terangnya.


Matraman Terbaru