• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Kediri Raya

Zaenal Ngabidin, Mahasiswa UNU Blitar yang Suka Matematika Raih Medali

Zaenal Ngabidin, Mahasiswa UNU Blitar yang Suka Matematika Raih Medali
Zaenal Ngabidin, Mahasiswa Semester Enam Prodi Matematika UNU Blitar. (Foto: NOJ/Ika Fitria)
Zaenal Ngabidin, Mahasiswa Semester Enam Prodi Matematika UNU Blitar. (Foto: NOJ/Ika Fitria)

Blitar, NU Online Jatim

 Zaenal Ngabidin, merupakan mahasiswa semester empat Program Studi (Prodi) Matematika Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. Ia berhasil memenangkan medali perunggu dalam ajang National Science & Social Competition (NSSC) 2.0 yang digelar oleh nssc.id.

 

Mahasiswa asal Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar ini mengaku dirinya memang menyukai hal-hal yang baru, apalagi berkaitan dengan kompetisi di bidang matematika. Maka dari itu, baginya kompetisi ini hal baru yang perlu dicoba.

 

“Sebab akan menambah pengetahuan baru, dan matematika tidak hanya satu rumus saja melainkan dapat diaplikasikan untuk berbagai macam teori,” tutur Zaenal.

 

Ia menambahkan, di kompetisi NSSC 2.0 dirinya banyak mendapat pengalaman baru, karena dapat mempraktikkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Apalagi dalam kompetisi ini lebih banyak pada penerapan penggunaan suatu rumus.

 

Mahasiswa kelahiran 04 Agustus 2000 ini mengaku memang sudah berkecimpung dalam dunia kompetisi matematika sejak SMA. Berawal dari mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten dan memperoleh juara tiga membuatnya semakin tertarik pada dunia kompetisi. “Semenjak itu saya selalu mencoba, apalagi jika bersifat gratis kenapa tidak,” ucapnya.

 

Putra dari pasangan Muhammad Hanafi dan Widayati ini memiliki prinsip dalam perjalanannya mengalir seperti air. Namun juga perlu memperhatikan, mana aliran yang tepat dan jangan sampai karena terlena akhirnya terbawa arus dalam jalur yang sesat.

 

“Maka dari itu, ikutilah alur yang dapat membuatmu terus berprestasi,” jelasnya.

 

Putra dari seorang buruh harian lepas ini kedepannya akan terus mencoba mengasah kemampuannya di kompetisi matematika. Rencananya, ia juga akan mengikuti kompetisi National Environmental Science Olympiad (NESO) yang diselenggarakan oleh  Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) di Bulan Februari ini.

  

Ia berpesan agar mahasiswa UNU Blitar yang lain agar tidak takut untuk mencoba. “Sebab kita tidak tahu hasilnya bagaimana, yang penting kita sudah berusaha yang terbaik. Gunakan kreativitasmu untuk menjunjung nama baik prodi dan almamater kita, UNU Blitar,” pungkasnya.  


Editor:

Kediri Raya Terbaru