• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Kediri Raya

Mahasiswa UNU Blitar Lolos Pendanaan PKM Budidaya Ulat Kandang

Mahasiswa UNU Blitar Lolos Pendanaan PKM Budidaya Ulat Kandang
Flyer ucapan selamat dan sukses lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa UNU Blitar. (Foto: Istimewa)
Flyer ucapan selamat dan sukses lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa UNU Blitar. (Foto: Istimewa)

Blitar, NU Online Jatim
Membawa ide inovatif untuk budidaya Ulat Kandang, Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2022 dengan judul ‘Smart Kandang Berbasis Internet Of Things (IOT) untuk Meningkatkan Produktivitas Peternakan Ulat Kandang Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar’.


Ketua Tim, Muhammad Iza Dzulfikar mengatakan, penelitian tersebut berawal dari peluang budidaya ulat kandang yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat, karena perawatannya yang mudah, tidak memerlukan modal yang besar tetapi omsetnya cukup menjanjikan.


“Meskipun demikian masih ada beberapa permasalahan, yaitu turunnya produktivitas ulat ketika cuaca tak menentu seperti sekarang ini,” katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (08/06/2022).


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dzulfikar bersama tim mencoba berinovasi dengan menggunakan IOT, yaitu penggunaan sensor alat pengatur suhu, sehingga suhu kandang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.


“Jadi, dengan adanya IOT ini peternak tidak khawatir lagi produktivitas ulat akan menurun ketika cuaca kurang stabil,” tuturnya.


Mahasiswa semester dua Program Studi Peternakan ini juga menambahkan bahwasannya dengan penelitian ini mahasiswa dapat belajar cara berbudidaya dan mengetahui manajemen ulat kandang secara konvensional.


“Kami berharap dapat mengembangkannya secara lebih modern, sehingga dapat memberikan peluang usaha yang menjanjikan untuk masyarakat,” tandasnya.


Dirinya berpesan kepada mahasiswa UNU Blitar, mari semangat untuk menciptakan inovasi, selalu berpikir kreatif, jangan pantang menyerah karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.


Perlu diketahui, tim PKM ini dibimbing oleh Lestariningsih Dosen UNU Blitar dan terdiri dari enam personil dari Prodi Peternakan yaitu M. Iza Dzulfikar Amin, Hidayatul Rosidah, Alfi Khusnita, Amirul Mukhlisin, dan Alfina Sefti R.


Kediri Raya Terbaru