• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Kediri Raya

Kenang Perjuangan Bung Karno, IPNU-IPPNU UNU Blitar Lakukan Ziarah

Kenang Perjuangan Bung Karno, IPNU-IPPNU UNU Blitar Lakukan Ziarah
Kader PKPT IPNU-IPPNU UNU Blitar saat ziarah ke makam Bung Karno. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Kader PKPT IPNU-IPPNU UNU Blitar saat ziarah ke makam Bung Karno. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar melaksanakan ziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno, Selasa (07/06/2022).


Ketua PKPT IPNU UNU Blitar, Febrianto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah yang perlu dijaga dan dilestarikan, utamanya dalam lingkup mahasiswa. Hal itu agar tradisi tersebut tidak hilang dan mencegah pengaruh kelompok radikal.


“Dan juga merupakan praktik dari mata kuliah wajib yang kita dapatkan di semester dua, yaitu Tradisi Amaliyah An-Nahdliyah,” ungkapnya kepada NU Online Jatim.


Febri menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang perjuangan Bung Karno yang merupakan founding father dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Apalagi pada bulan Juni ini masyarakat Blitar mengenangnya sebagai ‘Bulan Bung Karno’,” ucap Febri.


Menurutnya, kegigihan dan semangat juang Bung Karno perlu dicontoh oleh kader PKPT IPNU-IPPNU. Yakni bisa diimplementasikan dengan semangat untuk menuntaskan pendidikan hingga akhir di tengah spirit berorganisasi.


“Berorganisasi memang perlu, namun pendidikan juga harus diperjuangkan, sehingga ada keseimbangan antara organisasi dan pendidikan. Keduanya itu saling melengkapi untuk kemaslahatan di masa depan,” tuturnya.


Mahasiswa semester enam Program Studi (Prodi) Teknik Mesin ini menambahkan, hal yang perlu dicontoh dari Bung Karno yaitu sikap berani dan jujur. Sebagai kader PKPT IPNU-IPPNU yang merupakan garda terdepan untuk menjaga tradisi dan ideologi Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah perlu memiliki keberanian dan kejujuran yang tinggi.


“Sehingga ketika lulus, kader PKPT IPNU-IPPNU UNU Blitar dapat dipercaya dan diterima oleh masyarakat nantinya,” katanya.


Dengan begitu, diharapkan kader PKPT utamanya dan mahasiswa UNU Blitar seluruhnya, dapat mengambil dan meneladani perjuangan Bung Karno. “Serta mampu menjadi santri yang memiliki jiwa nasionalis untuk kemajuan bangsa dan negara,” tandasnya.


​​​​​​​Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh segenap jajaran pengurus dan kader PKPT IPNU-IPPNU UNU Blitar.


Kediri Raya Terbaru