• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pantura

Pelajar NU Lamongan Kenang Pejuang Islam di Pantai Utara

Pelajar NU Lamongan Kenang Pejuang Islam di Pantai Utara
Ziarah di makam Mbah Mayang Madu. (Foto: NOJ/Idris)
Ziarah di makam Mbah Mayang Madu. (Foto: NOJ/Idris)

Lamongan, NU Online Jatim
Banyak cara untuk melestarikan tradisi kalangan umat muslim di Indonesia, khususnya Nahdliyin. Ketika memasuki bulan Syawal tradisi yang biasa dilakukan adalah bersilaturahim dengan sanak keluarga, teman, saudara, guru dan lain sebagainya. 

 

Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) zona Pantura Kabupaten Lamongan. Mereka menggelar kegiatan halal bihalal dan ziarah wali ke makam Mbah Mayang Madu dan Sunan Drajat, Kamis (19/05/2022).

 

Nur Abidin selaku koordinator zona 4 IPNU IPPNU Lamongan memberikan harapan besar dengan diadakannya kegiatan tersebut.

 

“Pada intinya kegiatan ini semoga dapat mempererat ikatan silaturahmi antara PAC dan PKPT IPNU IPPNU zona 4 Pantura Lamongan atau yang disebut zona Mayang Madu. Kegiatan ini juga untuk mengingat jasa para waliyullah penyebar Islam di daerah Pantura,” ujarnya.

 

Dirinya juga menambahkan bahwa penamaan zona Mayang Madu sebagai nama zona 4 IPNU IPPNU Lamongan juga terinspirasi dari nama Mbah Mayang Madu sendiri. 

 

“Mayang Madu merupakan seseorang yang dapat kita jadikan suri tauladan karena jasa dan perjuangannya dalam menyebarkan agama Islam di daerah pantai utara,” imbuhnya.

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dari empat PAC IPNU IPPNU antara lain Kecamatan Brondong, Paciran, Solokuro, Laren dan satu Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) yakni Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD).

 

Penulis: Siti Filzatul Haziyah


Pantura Terbaru