• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Makesta di Gresik, Bertekad Cetak Pelajar NU Intelektual dan Berjiwa Sosial

Makesta di Gresik, Bertekad Cetak Pelajar NU Intelektual dan Berjiwa Sosial
Kegiatan Makesta oleh PR IPNU-IPPNU Desa Cangaan, Ujungpangkah, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Kegiatan Makesta oleh PR IPNU-IPPNU Desa Cangaan, Ujungpangkah, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Cangaan menggelar Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta. Kaderisasi tingkat pertama bagi pelajar NU ini dipusatkan di Taman Pendidikan Ihyaul Ulum, Desa Cangaan, Ujungpangkah, Gresik, Sabtu-Ahad (07-08/05/2022).


Ketua pelaksana Makesta, Muhammad Dzulfarokhi Al Jiad mengatakan, bahwa kegiatan ini mengusung tema ‘Membentuk Kader yang Disiplin, Intelektual, dan Berjiwa Sosial di Era Milenial. Alasannya, karena ketiga poin tersebut sangat penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


“Serta dapat dijadikan bekal ilmu pengetahuan dalam berorganisasi serta untuk kehidupan bermasyarakat nantinya,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Senin (09/05/2022).


Ia menyebutkan, sejumlah materi disampaikan dalam kegiatan ini. Meliputi, materi ke-NU-an dan Ahlusunnah wal Jamaah, materi kebangsaan, ke-IPNU dan IPPNU-an, tradisi amaliyah keagamaan NU, dan keorganisasian. Bahkan, ada pula materi terkait manajemen diri.


“Tujuan diberikannya materi tersebut untuk melatih mentalitas, pola berpikir dan bertindak menuju arah yang lebih baik,” terangnya.


Hal tersebut dengan harapan agar kader IPNU-IPPNU dapat lebih istiqamah dan disiplin dalam mengatur tindakan pada kehidupan sehari-harinya, serta selalu sigap terhadap hal yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hati.


“Makanya, upayakan dalam kehidupan keseharian tidak menyisakan dan memberikan peluang untuk kegiatan yang bernilai kurang positif,” tegasnya.


Sementara Muhammad Fauzil Anam Al Arifi, salah satu peserta Makesta memberikan kesan positif terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, selain kegiatan seru, juga banyak pelajaran berharga yang bisa diambil.


“Seperti ilmu tentang ke-NU-an, cinta kepada tanah air, serta ilmu bagaimana cara berorganisasi dengan baik,” katanya.


Diketahui, kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta ini berjalan dengan lancar. Sejumlah peserta nampak antusias dan khidmat mengikuti kegiatan selama 2 hari 1 malam tersebut.


Metropolis Terbaru