• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Perkuat Ekonomi, NU Dukun Gresik Mulai Panen Budi Daya Pisang Cavendish

Perkuat Ekonomi, NU Dukun Gresik Mulai Panen Budi Daya Pisang Cavendish
Kegiatan Panen Raya Pisang Cavendhis dan Halal Bihalal MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/ M Syafik Hoo)
Kegiatan Panen Raya Pisang Cavendhis dan Halal Bihalal MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/ M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Upaya untuk memperkuat perekonomian Nahdliyin dilakukan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Gresik lewat budi daya pisang cavendhis. Usaha garapan Nusa Agro MWCNU Dukun itu telah menuai hasil yang ditandai dengan kegiatan Panen Raya Pisang Cavendish dan Halal Bihalal, Sabtu (07/05/2022).


Kegiatan tersebut dilaksanakan di kebun pisang cavendish, yakni di kawasan Desa Tebuwung Kecamatan Dukun dan Desa Serah Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun Habibah.


Wabup Gresik Hj Aminatun Habibah mengapresiasi atas capaian dari MWCNU Kecamatan Dukun yang luar biasa dalam pemberdayaan ekonomi warga ini. “Ini sangat layak dicontoh oleh MWCNU lainnya di Gresik, bahkan di seluruh Indonesia,” ujarnya.


Dirinya berpesan, agar penggerak ekonomi organisasi tidak hanya semangat berkhidmat, akan tetapi diimbangi dengan pengelolaan yang akuntabel dan transparan. Hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.


“Karena biasanya saat usaha baru dirintis semua enggan bergabung, namun saat sudah berhasil malah berebut posisi untuk kepentingan pribadi. Artinya, kita jangan pernah berpikir mencari hidup di NU atau organisasi, namun harus berpikir bagaimana bisa menghidupkan organisasi,” tegasnya.


Sementara itu, Direktur Yasmin Banana Fresh H Sholahuddin dalam kesempatan ini menyampaikan kisah-kisah perjuangan dalam budi daya pisang cavendhis. Ia mengatakan, bahwa yang dilakukannya itu merupakan jihad melalui jalur ekonomi.


“Saya berharap, dengan ikhtiar tersebut jamiyah dan jamaah dapat mandiri secara ekonomi, sehingga nanti mampu membantu dan berkontribusi kepada warga kurang mampu yang membutuhkan,” ungkapnya.


Ia mengatakan, bahwa dengan terobosan pisang Cavendish ini secara matematis bisa meningkatkan penghasilan petani. Sebab, pisang cavendhis menurutnya memiliki perbandingan hasil yang lebih banyak dibandingkan yang lainnya.


Diketahui, hadir pula dalam kegiatan tersebut dan Rais PCNU Gresik KH Mahfudz Makshum, Wakil Ketua PCNU Gresik H Sururi, Rais MWCNU Dukun KH Ahmad Thoyib Masudi, serta pengurus lainnya. Ada pula Ketua DPRD Gresik H Abdul Qodir, Muspika Dukun dan Panceng, Direktur Rojo Koyo Manunggal (RKM Group) Dahlan Anwar Salam, dan undangan lainnya.


Metropolis Terbaru