• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

Ramadhan, LPPNU Gresik Ngaji Pertanian

Ramadhan, LPPNU Gresik Ngaji Pertanian
Ngaji pertanian yang digelar LPPNU Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Ngaji pertanian yang digelar LPPNU Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Memanfaatkan momen Ramadhan, Lembaga pengembangan pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Gresik menggelar ngaji pertanian dengan mengusung tema Master Plan dan Action Plan Menuju Profesionalisme Pengembangan Pertanian NU di King Farm Goval Desa Bonagung, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Ahad (17/04/2022).


Ngaji pertanian ini dimaksudkan untuk pencerahan bagi penguruss LPPNU Gresik sesuai dengan tugas masing-masing masing untuk mensolidkan dan mensinergiskan program yang digagas oleh LPPNU Gresik.


"Master plan pertanian merupakan bangunan konsep induk yang strategis sebagai pondasi kegiatan program LPPNU cabang Gresik dalam mewujudkan pertanian dikalangan warga NU. Hal ini bisa memberikan optimisme di sektor pertanian sebagai salah satu kekuatan perekonomian yang bisa mensejahterakan," kata Moh Mujaroddin, Ketua LPPNU Gresik.


Ia menegaskan, sebagai perwujudan atas hal tersebut, LPPNU cabang Gresik mempunyai visi yakni pertanian Nahdliyin berbasis pada potensi sumber daya lokal yang bergerak secara inovatif dan berorentasi pada usaha dan bisnis.


Beberapa kesimpulan diperoleh dari ngaji pertanian itu. Yaitu mendata potensi pertanian ditingkat MWC NU dan ranting NU, membangun program tematik pertanian disetiap MWC NU sesuai potensinya, dan lahirnya petani binaan yang tangguh.


“Selain itu juga disepakatiu meningkatkan kerja sama di internal LPPNU, mulai PBNU sampai Ranting NU, membuat rencana aksi dan melakukan analisa pertanian sesuai dengan program pertanian," pungkas Jaroddin.


Metropolis Terbaru