• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Nusa Agro MWCNU Dukun Gresik Panen Perdana Pisang Cavendhis

Nusa Agro MWCNU Dukun Gresik Panen Perdana Pisang Cavendhis
Proses panen perdana pisang cavendhis milik Nusa Agro MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Proses panen perdana pisang cavendhis milik Nusa Agro MWCNU Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Unit usaha ekonomi tanam pisang cavendhis yang dimiliki oleh Nusa Agro Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dukun, Gresik mulai panen perdana pada Selasa (26/04/2022). Usaha ini merupakan kerja sama MWCNU Dukun dengan perusahaan pisang cavendhis milik H Sholahuddin asal Banyubang, Lamongan.


Direktur Utama Nusa Agro, Ediyanto mengatakan, bahwa di masa panen awal ini pihaknya telah memanen sebanyak 10 tandan pisang cavendhis. Hal ini menurutnya, bagian dari proses dan bentuk progres dari program tanam pisang cavendhis.


"Semoga ini berlanjut dan bisa menghasilkan progress yang maksimal sesuai dengan target yang kita harapkan," ujarnya.


Edi menuturkan, bahwa perkembangan pertumbuhan pisang cavendhis dari 1800 pohon yang ditanam bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, proses panen menjadi bertahap dan tidak bisa sekaligus.


"Insyallah, setelah Hari Raya Idul Fitri kita akan panen lagi 100 tandan pisang cavendhis," imbuhnya.


Dirinya berharap, pisang cavendhis yang dimiliki oleh Nusa Agro MWCNU Dukun dapat menjadi barometer atau sentral pisang cavendhis dengan kualitas baik dan sempurna. “Sehingga nantinya dapat diekspor ke sejumlah daerah,” tandasnya.


Diketahui, agenda panen perdana pisang cavendhis ini dihadiri oleh Rais MWCNU Dukun KH Ahmad Thoyyib Mas'udi, Direktur Utama PT Bina Nusa Mandiri Gresik H Syamsul Huda, dan pengurus Nusa Agro MWCNU Dukun.


Sebagai informasi, Nusa Agro yang merupakan usaha di sektor pertanian MWCNU Dukun memiliki tanah kisaran 1 hektar yang ditanami hamper mencapai hingga 1800 pisang cavendhis. Tanah tersebut berlokasi di Desa Serah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.


​​​​​​​Usaha peningkatan ekonomi melalui tanam pisang ini merupakan program dari Nusa Agro yang berada di bawah naungan PT Bina Nusa Mandiri Gresik MWCNU Dukun. Perusahaan ini membawahi unit usaha ekonomi seperti Nusa Digital Printing, Numani Bakery, Nusa Mart, Nusa Agro, KSPPS, Majalah Aula, dan KBIH MWCNU.


Metropolis Terbaru