• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Metropolis

Ramadhan, LTMNU Gresik Gelar Safari Pembinaan Manajemen Masjid

Ramadhan, LTMNU Gresik Gelar Safari Pembinaan Manajemen Masjid
Safari Pembinaan Manajemen Masjid oleh LTMNU Gresik di bulan Ramadhan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Safari Pembinaan Manajemen Masjid oleh LTMNU Gresik di bulan Ramadhan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Gresik, NU Online Jatim
Keberadaan masjid tak hanya sebagai tempat ibadah untuk bermunajat kepada Allah, tetapi juga sebagai sarana untuk ibadah sosial, ekonomi, dan pendidikan. Untuk itu, Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Gresik menggelar Safari Pembinaan Manajemen Masjid pada Sabtu (16/04/2022).


Kali ini, kegiatan tersebut menyasar wilayah Pantura yang dipusatkan di Masjid At-Taqwa, Desa Kertosono, Kecamatan Sidayu, Gresik. Adapun kegiatan ini diikuti sekitar 90 peserta delegasi dari 5 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.


“Program LTMNU Gresik ini juga sebagai bentuk sosialisasi hasil rapat kerja (Raker) dengan PCNU Gresik beberapa bulan yang lalu. Tentu, hasil raker ini diwujudkan lewat pembinaan manajemen masjid ke MWCNU se-Kabupaten Gresik,” ujar Nasikhun Amin, Ketua LTMNU Gresik.


Ia menjelaskan, bahwa pembinaan manajemen takmir masjid ini sudah memasuki angkatan ke IV yang digelar LTMNU Gresik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas takmir masjid dalam mengelola serta manajemen masjid.


"Semoga kegiatan ini benar-benar bermanfaat untuk umat, agar takmir masjid di kemudian hari semakin maju dan berkembang,” tambahnya.


Dikatakan Amin, bahwa tuiuan diselenggarakan pembinaan manajemen takmir masjid tersebut guna memberikan pelayanan kepada umat serta meningkatkan kinerja dan menambah wawasan ketakmiran pengurus masjid.


“Upaya-upaya tersebut nantinya berkaitan dengan visi memakmurkan masjid yang kerap digaungkan selama ini,” jelasnya.


Ia berharap kegiatan ini bisa ditindak lanjuti untuk diterapkan di masjid-masjid dengan melakukan terobosan aksi untuk manajemen masjid di seluruh aspek. “Baik dalam aspek administrasi, sarana atau pun progres program ketakmiran,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru