• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Ramadhan, Pelajar NU Banyuwangi Kenalkan Aswaja ke Bocah MI

Ramadhan, Pelajar NU Banyuwangi Kenalkan Aswaja ke Bocah MI
Pondok Ramadhan di sekolah SD dan MI yang diisi kader IPNU-IPPNU Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina Yunda Safitri)
Pondok Ramadhan di sekolah SD dan MI yang diisi kader IPNU-IPPNU Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina Yunda Safitri)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, mengenalkan Aswaja Annahdliyah kepada bocah-bocah SD dan MI di sekolah-sekolah kecamatan setempat melalui kegiatan Pondok Ramadhan. Mereka pun disiapkan menjadi pemateri.

Kegiatan Pondok Ramadhan dengan sasaran sekolah SD/MI itu dilaksanakan IPNU-IPPNU Siliragung pada 6 hingga 20 April 2022.

"kegiatan tahunan ini sudah dimulai pada tahun 2019 yang fokusnya di satu lembaga di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU. Namun tahun 2020 sempat berhenti karena pandemi Covid-19 dan mulai kembali di tahun 2021," tutur Zulfiatur Rofiqoh, Ketua PAC IPPNU Siliragung.

Di tahun 2021, terdapat 14 sekolah/madrasah, 8 MI dan 1 SD, di bawah naungan LP Ma’arif NU Siliragung dan 5 SD Negeri yang sudah berkoordinasi dengan PAC IPPNU Siliragung terkait kegiatan tersebut.

Tahun 2022 ini bertambah dua sekolah yang salah satunya berada di ujung desa di Kecamatan Siliragung yang akses jalannya menuju daerah pegunungan. “Jadi, total sekolah/madrasah yang sudah bekerja sama dan berkolaborasi dengan PAC IPNU-IPPNU Siliragung Banyuwangi ada 15 lembaga,” ujar Zulfiatur.

"program ini melatih kader semaksimal mungkin untuk mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat. Selain itu, program ini sebagai agen pengkaderan sejak dini untuk mempersiapkan regenerasi yang optimal dan matang di tubuh IPNU IPPNU," imbuhnya.


Tapal Kuda Terbaru