• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Matraman

Mahasiswa STAINU Pacitan Dampingi Pondok Ramadhan Siswa Sekolah Dasar

Mahasiswa STAINU Pacitan Dampingi Pondok Ramadhan Siswa Sekolah Dasar
Mahasiswa STAINU Pacitan saat mendampingi kegiatan Pondok Ramadhan di SDN 1 Ploso, Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Mahasiswa STAINU Pacitan saat mendampingi kegiatan Pondok Ramadhan di SDN 1 Ploso, Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Ploso, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan mengadakan 'Pondok Ramadhan' dengan melibatkan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan. Kegiatan yang dipusatkan di sekolah setempat ini berlangsung selama tiga hari, yakni Selasa-Kamis (12-14/04/2022).


Ketua panitia Pondok Ramadhan SDN 1 Ploso, Sumariyatun mengatakan kegiatan itu dilakukan berdasarkan surat edaran dari Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Pendidikan. Kemudian edaran tersebut ditindak lanjuti oleh guru agama di sekolah setempat.


"Dari kedua acuan itu kita mengambil keputusan untuk melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan kepada siswa selama tiga hari," ungkapnya.


Dirinya menjelaskan, kegiatan Pondok Ramadhan yang telah berjalan sejak tahun 2017 lalu tersebut sangat diminati siswa. Tak ayal, siswa-siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 antusias mengikuti kegiatan.


"Untuk tahun ini, yang ikut Pondok Ramadhan yaitu kelas  sampai 6. Mereka keseluruhan ada sebanyak 261 siswa-siswi," imbuhnya.


Sementara itu, Fastabiqul Khoiri yang menjadi salah satu guru agama mengatakan, bahwa kegiatan lebih difokuskan di dalam kelas. Namun, suatu waktu pihaknya mengaku akan melaksanakan kegiatan di luar ruangan.


“Seperti kegiatan buka bersama dan shalat tarawih berjamaah. Karena yang kami harap dari kegiatan ini siswa-siswa bisa lebih paham ilmu agama,” ungkap alumni STAINU Pacitan itu.


Ia menuturkan, untuk menambah antusiasme siswa, pihak sekolah menarik pembina kegiatan dari luar. Dan, untuk Ramadhan kali ini terdapat 20 mahasiswa STAINU Pacitan yang menjadi pembina Pondok Ramadhan di SDN 1 Ploso.


"Kami sangat terbantu dengan adanya pembina dari luar ini. Harapannya ke depan kerja sama antara pihak sekolah dan STAINU bisa terus berlanjut," tandasnya.


Matraman Terbaru