• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Pondok Ramadhan, IPNU-IPPNU Blitar Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus

Pondok Ramadhan, IPNU-IPPNU Blitar Dampingi Siswa Berkebutuhan Khusus
Kegiatan Pondok Ramadhan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar di SLB Negeri Talun. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Kegiatan Pondok Ramadhan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar di SLB Negeri Talun. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Momentum bulan suci Ramadhan dimanfaatkan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar untuk melakukan pendampingan Pondok Ramadhan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Talun, Blitar. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu Senin-Rabu (11-13/04/2022).


Lis Suaibatul Aslamiyah, salah satu guru pengajar mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya pendampingan ini. Pihaknya merasa terbantu, karena untuk pendampingan kegiatan keagamaan pada siswa yang berkebutuhan khusus dari luar sekolah sangat jarang.


“Bisa dibilang, ini adalah pertama kalinya ada pendampingan Pondok Ramadhan di SLB,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Rabu (13/04/2022).


Dirinya menyebutkan, bahwa materi yang diajarkan oleh PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar juga memang benar-benar dibutuhkan. Seperti materi dasar keislaman, di antaranya tata cara thaharah, tata cara shalat, dan tata cara puasa.


Ia menambahkan, meskipun IPNU-IPPNU ini masih tahap belajar namun sudah cukup profesional dalam mendampingi siswa berkebutuhan khusus. Hal ini nampak ketika dengan sabar mereka mengajarkan para siswa untuk wudhu, shalat, dan lain sebagainya.


“Apalagi yang ikut praktik kemarin merupakan siswa dari pelbagai macam kebutuhan khusus, seperti C1, tunagrahita, dan lambat belajar. Saat pemaparan materi pun cukup mudah ditangkap dan direspons baik oleh anak-anak,” katanya.


Ke depannya, SLB Negeri Talun sangat terbuka dan akan memberikan wadah jika PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar ingin belajar Kembali dalam mendampingi siswa berkebutuhan khusus, baik saat kegiatan Pondok Ramadhan atau kegiatan yang lainnya.


Sementara Wakil Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar, Mohamad Malik Amirudin menuturkan, kegiatan seperti ini merupakan tantangan baru untuk IPNU-IPPNU dalam menggali pengalaman dan mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat.


“Hal ini juga sebagai wujud kepedulian PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar atas pendidikan, utamanya di kalangan pelajar berkebutuhan khusus sekaligus memperkenalkan IPNU-IPPNU pada pelajar tanpa terkecuali di semua lini," jelas Malik.


Malik berharap, ke depan IPNU-IPPNU di Kabupaten Blitar dapat terus memperluas, memperkaya, dan mengimplementasikan keilmuan yang telah diperoleh kepada masyarakat secara luas.


“Agar kehadiran IPNU-IPPNU di tengah masyarakat dapat benar-benar dirasakan manfaatnya. Dan semoga, ilmu yang telah disampaikan mendapat keberkahan, khususnya untuk pelajar SLB Negeri Talun,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru