• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Tingkatkan Potensi Kader, Pelajar NU di Blitar Gelar Madrasah Jurnalistik

Tingkatkan Potensi Kader, Pelajar NU di Blitar Gelar Madrasah Jurnalistik
Kegiatan Madrasah Jurnalistik oleh PAC IPNU-IPPNU Wlingi, Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Kegiatan Madrasah Jurnalistik oleh PAC IPNU-IPPNU Wlingi, Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Wlingi menggelar Madrasah Jurnalistik. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Miftahul Jannah, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Selasa (12/04/2022) ini guna meningkatkan potensi kader dalam kepenulisan dan public speaking.


Kegiatan yang bertajuk 'Menjadikan IPNU-IPPNU Miliki Karakter Akhlakul Karimah di Era Digitalisasi' tersebut dilaksanakan selama dua hari. Adapun materi yang diajarkan terbagi dalam 4 materi unggulan, yaitu materi tata bahasa, fotografi dan videografi, desain grafis berbasis smartphone, serta kode etik jurnalistik.


Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Wlingi, Adi Susanto berpesan agar jebolan Madrasah Jurnalistik memiliki semangat dalam berproses dan dapat merealisasikan ilmu yang diperoleh. Sebab, media sosial memiliki potensi besar dalam kemajuan dan perkembangan organisasi.


"Ada banyak cara untuk berkhidmat di NU, salah satunya dengan mensyiarkan NU melalui media sosial dan massa. Maka dari itu, gunakan kesempatan berharga ini semaksimal mungkin. Generasi NU harus berperan, kerja cepat, dan pantang putus asa," katanya.


Dijelaskannya, peserta yang mengikuti pelatihan tersebut tidak sekedar mendapatkan sertifikat dan selesai. Namun, seusai kegiatan akan dijadwalkan secara khusus proses pendampingan dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) di setiap bulannya.


Tak cukup itu, seluruh peserta juga difasilitasi Id Card dan Pakaian Dinas Harian (PDH) untuk dipakai saat melaksanakan reportase kegiatan di daerah masing-masing. "Fasilitas tersebut bagian dari ikhtiar kami dalam mengoptimalkan kinerja mereka, agar lebih percaya diri dan memiliki semangat dalam berproses," jelas Adi Susanto.


Untuk itu, dirinya berharap agar generasi muda dapat berkhidmat dengan ikhtiar memajukan Nahdlatul Ulama tanpa pamrih. Menurutnya, mengabdi di NU harus kuat dan ikhlas, jangan berharap imbalan materil.


"Yang akan didapat bukan materil, melainkan keberkahan yang amat melimpah. Dan  istimewanya lagi, senantiasa mendapat syafaat dari  ulama dan Rasulullah SAW," pungkasnya.


Sementara Ketua Pelaksana Madrasah Jurnalistik, Arin Nandasari mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengasah kemampuan kader dalam jurnalistik dan aspek kemediaan lainnya.


"Di samping itu ditujukan agar IPNU-IPPNU Wlingi memiliki  kader jurnalis andal, yang nantinya dapat menulis berbagai kegiatan di Kecamatan Wlingi," katanya saat ditemui NU Online Jatim, Selasa (12/04/2022).


Disebutkan, bahwa kegiatan tersebut bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) serta Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kecamatan Wlingi.


“Adapun peserta yang ikut sebanyak 26 orang perwakilan dari sejumlah Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU se-Kecamatan Wlingi,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru