• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Perkuat Toleransi, Pelajar NU Yudharta Pasuruan Gelar Sarasehan Lintas Agama

Perkuat Toleransi, Pelajar NU Yudharta Pasuruan Gelar Sarasehan Lintas Agama
Acara Sarasehan Lintas Agama Pelajar NU Yudharta (Foto: NOJ/ Prananda J.P)
Acara Sarasehan Lintas Agama Pelajar NU Yudharta (Foto: NOJ/ Prananda J.P)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahlatul Ulama (IPPNU) Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) menggelar Sarasehan Lintas Agama, Senin (18/04/2022).


Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan tersebut mendatangkan tokoh penting dari beberapa agama. Di antaranya, Koordinator Lembaga Kristen Kecamatan Tutur Pendeta Ishak Sutaji, Juru Pemangku Pura Tengger Jro Pinandita Sutiko, dan H Muzammil Syafi’i anggota DPRD Jawa Timur.


Pendeta Ishak Sutaji menyampaikan pandangannya terkait dengan toleransi beragama. Menurutnya, perbedaan bukanlah alasan untuk saling berpecah belah, tetapi perbedaan merupakan sarana untuk saling melengkapi satu sama lain.


“Mari kita tanamkan toleransi terhadap perbedaan agama demi menjaga keharmonisan dalam hubungan sosial,” ungkapnya.


Sementara itu, Muhammad Sofyan selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, bahwa Sarasehan Lintas Agama tersebut pertama kalinya diadakan oleh PKPT IPNU-IPPNU Universitas Yudharta Pasuruan (UYP).


Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenalkan anggota terkait cara memupuk sikap toleransi yang baik dengan agama lain. “Jadi, para anggota bukan hanya mengenal istilah toleransi saja, tapi nantinya mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.


Ia menegaskan, bahwa kegiatan tersebut mengacu pada slogan dari kampus UYP sendiri, yakni ‘The Multicultural University’


“Karena kita berada di bawah naungan kampus yang multikultural, maka kegiatan ini sangat berpengaruh untuk lebih membangun jiwa toleransi kepada para anggota,” jelasnya.


Diketahui, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Mahasantri Mengabdi yang merupakan program pengabdian secara langsung kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Yudharta Pasuruan.


Penulis: Prananda Juan Putraa


Tapal Kuda Terbaru