• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

Lewat Ngabuburit, Bocah SD di Pasuruan Dikenalkan dengan IPNU-IPPNU

Lewat Ngabuburit, Bocah SD di Pasuruan Dikenalkan dengan IPNU-IPPNU
Bocah-bocah SD di Pasuruan dikenalkan dengan IPNU-IPPNU sambil ngabuburit. (Foto: NOJ/Rahma Salsabila)
Bocah-bocah SD di Pasuruan dikenalkan dengan IPNU-IPPNU sambil ngabuburit. (Foto: NOJ/Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Lumbang, Kabupaten Pasuruan, berkolaborasi dengan Komunitas Solidaritas Pangan Pasuruan (SPP) membuka Pasar Gratis dan Ngabuburit Kreatif akhir pekan ini.


Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Koramil Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan dengan melibatkan anak-anak dan masyarakat sekitar.


"Alhamdulilah sejauh ini kami selalu mendapat tanggapan positif dari kegiatan sosial ini, dan saya berharap Komunitas SPP bisa terus menjalin kerja sama dan silaturahmi dengan IPNU IPPNU Kecamatan Lumbang," ungkap Moch Eko Mulyono dari Komunitas Solidaritas Pangan Pasuruan.


Ia menyebutkan bahwa pasar gratis dibuka dengan menawarkan pakaian layak pakai yang didapatkan dari hasil donasi.


"Melihat antusiasme masyarakat, saya rasa masyarakat Lumbang memang perlu tahu kegiatan semacam ini, dan acara ini bisa dibilang sangat sukses," katanya.


Di saat yang bersamaan juga diadakan ngabuburit kreatif bersama anak-anak di wilayah sekitar, berupa mewarnai gambar serta keseruan lainnya, seperti bernyanyi.


Eggi Aunur Rofiq selaku Ketua PAC IPNU Lumbang memaparkan, kegiatan tersebut merupakan upaya pengenalan IPNU IPPNU sejak dini kepada anak-anak usia Sekolah Dasar.


"Bisa dibilang ini merupakan kaderisasi awal, sekaligus implementasi dari definisi IPPNU IPPNU sendiri, yakni sebagai organisasi yang tidak hanya bergerak di bidang keagamaan, tetapi juga kemasyarakatan dan keterpelajaran," imbuhnya.


Sejumlah anak yang terlibat dalam kegiatan tersebut turut mendapatkan makanan untuk berbuka serta doorprize yang berisi alat tulis, seperti buku, pensil, penghapus, dan krayon.


"Semoga dengan membuat masyarakat dan anak-anak sekitar merasa senang melalui kegiatan ini, dapat menjadi amal baik bagi kami di organisasi maupun teman-teman dari Komunitas Solidaritas Pangan Pasuruan," pungkas Eggi.


Tapal Kuda Terbaru