• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Jujugan

Serunya Ngabuburit Sambil Menikmati Sunset di Puncak Sekawan Blitar

Serunya Ngabuburit Sambil Menikmati Sunset di Puncak Sekawan Blitar
Suasana Puncak Sekawan, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Suasana Puncak Sekawan, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. (Foto:NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit adalah tradisi yang tak terlewatkan saat Bulan Ramadhan. Jika NOJers hobi ngabuburit, mungkin destinasi  wisata Puncak Sekawan, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar bisa menjadi salah satu referensinya. 
 

Di Puncak Sekawan, wisatawan bisa menikmati suasana matahari terbenam atau sunset yang cocok untuk spot foto.
 

Puncak Sekawan merupakan bumi perkemahan atau campground yang terletak 32 kilometer di timur Kota Blitar. Dengan ketinggian 711 meter di atas permukaan laut, Puncak Sekawan menyuguhkan pemandangan bukit hijau yang menyejukkan mata.
 

Puncak Sekawan diapit dengan dua gunung, yaitu Gunung Kawi yang gagah di sisi timur dan Gunung Kelud di sisi barat. Jika cuaca cerah, lokasi ini cocok untuk menikmati sunrise ataupun senja sembari menunggu waktu maghrib tiba.
 

Untuk akses menuju lokasi, NUOJers tak perlu khawatir, karena jalan menuju lokasi sangat mudah, tidak perlu jauh-jauh berjalan kaki. Untuk menuju puncak pun dapat diakses dengan mengendarai sepeda motor.
 

Namun juga perlu berhati-hati jika cuaca sedang hujan agar tidak tergelincir karena jalan yang licin. Atau bisa juga dengan menitipkan sepeda motor di area perkampungan sebelum masuk area puncak.
 

Abdul Latif, salah satu pengunjung menceritakan, destinasi wisata Puncak Sekawan ini sangat direkomendasikan untuk ngabuburit. Apalagi tempat ini nyaman dan sangat instagramable. Cocok untuk NUOJers yang juga hobi memotret keindahan alam.
 

“Puncak Sekawan memiliki banyak spot. Di antaranya cafe yang menawarkan pemandangan apik, spot campground yang cukup luas dan menghadap sunset. Serunya, jika malam kita disuguhkan gemerlap cahaya perkotaan, terasa sedang di Bukit Paralayang yang berada di Malang,” jelasnya kepada NU Online Jatim.
 

Selain itu, fasilitas umum wisata Puncak Sekawan juga lengkap. Tersedia kamar mandi dan mushala, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir ketika waktu shalat tiba.
 

Menariknya, harga tiket masuk tak perlu mengeluarkan isi kantong terlalu banyak. Cukup dengan Rp10 ribu per-orang dan biaya Rp5 ribu untuk parkir pun sudah bisa menikmati keindahan alam di Puncak Sekawan.


Editor:

Jujugan Terbaru