• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Tapal Kuda

Masjid Agung Lumajang Rutin Bagikan Ratusan Hidangan Buka Puasa

Masjid Agung Lumajang Rutin Bagikan Ratusan Hidangan Buka Puasa
Antusiasme warga saat antri mengambil nasi kotak untuk berbuka puasa di Masjid Agung KH Anas Mahfudz Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Antusiasme warga saat antri mengambil nasi kotak untuk berbuka puasa di Masjid Agung KH Anas Mahfudz Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Masjid Agung KH Anas Mahfudz Lumajang rutin membagikan ratusan hidangan berbuka puasa setiap harinya. Hal itu juga rutin dilakukan setiap bulan Ramadhan.
 

Hidangan tersebut tak hanya berupa takjil, namun juga nasi kotak dan minuman untuk umat Islam yang singgah.
 

Tak kurang dari 600 nasi kotak beserta paket takjil berupa kurma dan air diberikan setiap harinya. Hal itu membuat Masjid yang berada di barat Alun-alun Lumajang ini selalu ramai dikunjungi warga.
 

Juari Hadi, salah satu Takmir Masjid Agung Lumajang mengatakan, setiap menjelang Ramadhan pihak Ta'mir memang selalu mengirimkan surat permohonan melalui ketua Rukun Warga (RW) di beberapa kelurahan terdekat.
 

"Ini sudah berjalan lama. Tahun ini kita jatah 600 kotak setiap harinya. Dan alhamdulillah selalu cukup, bahkan semakin banyak warga ikut berbuka puasa di sini," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Kamis (07/04/2022).
 

Menurutnya, hal itu menunjukkan antusiasme masyarakat untuk turut serta mencari berkah Ramadhan. Meski demikian, stok kesediaan hidangan hingga hari ini masih tercukupi.
 

"Setiap warga kami minta 6 kotak saja, bahkan banyak juga warga yang tanpa kami minta justru ikut mensedekahkan nasi dan air," ujarnya.
 

Ia menyatakan, takmir juga telah siap jika sewaktu-waktu ketersediaan nasi hidangan buka puasa ternyata tidak mencukupi karena membludaknya warga yang datang.
 

"Tahun kemarin jika kurang kami belikan dari pedagang nasi bungkus sekitar sini, namun hari ini alhamdulillah tidak pernah kekurangan, bahkan lebih. Jika lebih, biasanya kami suruh bawa pulang jamaah," tandasnya.
 

Warga yang datang biasa diberi kupon yang disediakan masjid. Usai melaksanakan jamaah shalat maghrib kupon ditukarkan dengan hidangan yang dibagikan oleh Remaja Masjid (Remas) Agung KH Anas Mahfudz Lumajang.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru