• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

Tanpa Diundang, Kader Ansor Ini Ikuti Upacara HUT RI karena Panggilan Jiwa

Tanpa Diundang, Kader Ansor Ini Ikuti Upacara HUT RI karena Panggilan Jiwa
Lutfi Ansori, Ketua PAC GP Ansor Tandes, Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik).
Lutfi Ansori, Ketua PAC GP Ansor Tandes, Surabaya. (Foto: NOJ/Hisam Malik).

Surabaya, NU Online Jatim

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 telah usai dilaksanakan 17 Agustus lalu. Namun, apalah daya ternyata ada kisah menarik yang tersisa dari perayaan tersebut.

 

Kisah tersebut berasal dari Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tandes Surabaya, Lutfi Ansori. Disebutkan bahwa Lutfi Ansori mengikuti upacara bendera di halaman Kantor Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur.

 

“Pada saat itu, bersama 20 orang kader Ansor-Banser lainnya saya berangkat dengan mengendarai tiga mobil untuk mengikuti upacara bendera. Padahal, kala itu tidak ada undangan khusus yang tertuju ke saya pribadi,” ujar Lutfi kepada NU Online Jatim, Jum’at (20/08/2021).

 

Menurut Lutfi, meski tidak ada undangan khusus untuk dirinya, kehadirannya tersebut karena panggilan jiwa serta sadar akan tanggung jawab untuk terus memupuk rasa nasionalisme dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI).

 

“Alhamdulillah, luar biasa sekali rasanya bisa memperingati hari kemerdekaan bersama anggota Banser se-Kota Surabaya, meskipun status saya sebagai ketua Ansor,” tutur pria yang mengikuti Diklatsar tahun 2020 lalu di Paciran Lamongan ini.

 

Dirinya berharap, generasi muda dapat terus mengingat jasa para leluhur dan pejuang yang telah berkorban demi kemerdekaan Republik Indonesia. Karena atas darah mereka bangsa ini akhirnya merdeka.

 

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan positif termasuk mendoakan mereka para pejuang yang telah gugur,” pungkasnya

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru