• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Asyura, Ansor Pasuruan Santuni Anak Yatim

Asyura, Ansor Pasuruan Santuni Anak Yatim
Tangkapan layar Asyuroan yang diadakan PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Faisol).
Tangkapan layar Asyuroan yang diadakan PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Faisol).

Pasuruan, NU online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Pasuruan mengadakan asyuroan virtual dan santunan anak yatim.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan ini berlangsung pada Kamis (19/08/2021).

 

Acara ini diawali dengan pembacaan istighotsah yang dipimpin oleh Gus Dayat selaku Ketua PC MDS Rijalul Ansor Kabupaten Pasuruan.

 

KH Imron Mutamkin, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pada bulan Asyura ini ada beberapa peristiwa penting.

 

"Pertama, Nabi Adam bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima olehnya. Kedua, berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan,” katanya.

 

“Ketiga, selamatnya Nabi Ibrahim dari siksa Namrud, berupa api yang membakar. Keempat, Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah,” lanjutnya.

 

Dalam kesempatan itu Gus Ipong sapaan akrabnya juga membeberkan poin kelima, keenam dan ketujuh.

 

“Kelima Nabi Yunus selamat, keluar dari perut ikan hiu. Keenam, Nabi Ayub disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan selama belasan tahun. Dan ketujuh dikabulkannya doa Nabi Musa dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di laut merah," ujarnya.

 

Gus Ipong berharap, di bulan Asyura ini Nahdliyin dapat ikut mensyukuri kenikmatan yang diberikan.

 

"Kita tutup acara ini dengan bacaan Asyura. Semoga kita dihindarkan dari musibah. Dan diberi rizki yang halal dan barakah," harapannya.

 

 

Adapun acara ini dihadiri 25 anak yatim sebagai penerima santunan. "Kami memberikan tas ransel dan uang tunai," kata Yusuf, panitia acara kepada NU Online Jatim.

 

Penulis: Mokhammad Faisol

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru