• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Keislaman

Bacaan Dzikir Hari Asyura

Bacaan Dzikir Hari Asyura
Pada sepuluh Muharram umat Islam disunnahkan selain puasa Asyura juga dzikir-dzikir tertentu yang menunjukkan sikap rendah diri dan permohonan ampun kepada Allah.
Pada sepuluh Muharram umat Islam disunnahkan selain puasa Asyura juga dzikir-dzikir tertentu yang menunjukkan sikap rendah diri dan permohonan ampun kepada Allah.

Ada banyak dari umat-umat terdahulu yang diterima taubat mereka pada hari Asyura 10 Muharram. Maka dari itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar pada hari Asyura.

 

Di antaranya seperti yang dianjurkan oleh Imam Al-Ajhuri, beliau mengatakan, “Barang siapa yang membaca pada hari Asyura:

 

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

 

Artinya: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung dan penolong.

Sebanyak 70 kali, niscaya Allah akan menjaganya dari keburukan tahun tersebut".

 

Rasulullah SAW. sendiri yang dosa-dosanya telah diampuni oleh Allah SWT. tak kurang dari 70 kali beliau meminta ampun kepada Allah setiap harinya, seperti yang diriwayatkan Imam al-Bukhari. Maka, apakah pantas umatnya yang selalu bergelimang dengan dosa ini tidak meminta ampun kepada Allah setiap harinya? Untuk itu, hari Asyura adalah kesempatan emas bagi umatnya untuk memperbanyak dzikir dan istighfar kepada Allah SWT.

 

Sesungguhnya ada banyak faedah bagi orang yang senantiasa meminta ampun kepada Allah SWT. Di antaranya, sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas radliyallahu 'anh Rasulullah SAW. bersabda, “Barang siapa yang senantiasa beristighfar (meminta ampun kepada Allah), Allah menjadikan setiap kesusahan baginya jalan keluar, setiap kegalauan kelapangan, dan dia diberikan rezeki yang tidak dia sangka-sangka” (HR Abu Dawud).

  

Berikut beberapa dzikir yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Asyura:

 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ..... ١٠٠

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ..... ١٠٠

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..... ١٠٠

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ..... ١٠٠

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ..... ٤٥٠

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ..... ٧٠

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ..... ١٠٠

 

Semoga kita diberikan taufik oleh Allah untuk berpuasa, berdzikir dan beribadah kepada Allah di hari Asyura. Aamiin.

 

Wallahu a’lam.


Keislaman Terbaru