• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

Tempa Kader, IPNU-IPPNU Sidoarjo Gelar Lakut

Tempa Kader, IPNU-IPPNU Sidoarjo Gelar Lakut
Kegiatam kaderisasi Latihan Kader Muda atau Lakut yang digelar oleh PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Kegiatam kaderisasi Latihan Kader Muda atau Lakut yang digelar oleh PC IPNU-IPPNU Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar Latihan Kader Utama (Lakut) selama empat hari pada Kamis-Ahad (25-27/11/2022). Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor PCNU Sidoarjo dan Villa Mitra Arofah, Pacet, Mojokerto.


Ketua PC IPPNU Sidoarjo, Aisyah Nur Afifah Maulidiyyah menyampaikan, Lakut ini bertujuan untuk menempa kader pilihan di tingkat pelajar NU agar memiliki kebanggaan sebagai bagian dari entitas sosial. Selain itu, agar kader IPNU-IPPNU memahami arah gerakan organisasi dan mengasah kemampuan hardskill dan softskill masing-masing.


“Karena dengan begitu ia dapat memberikan eksistensi yang lebih baik untuk masa depan NU. Apalagi dengan adanya tantangan peremajaan usia kaderisasi di tingkat pelajar atau di sekolah,” ujarnya.


Ia menambahkan, sebagai kader masa depan yang akan meneruskan estafet perjuangan organisasi NU, kader IPNU-IPPNU punya amanah yang diemban agar melakukan pergerakan dan perjuangan yang membawa kemajuan terhadap organisasi.


“Jangan sampai perjuangan yang telah dilaksanakan oleh para alumni menjadi sia-sia karena adanya kemunduran,” ungkap Aisyah.


Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tersebut berpesan agar kader IPNU-IPPNU senantiasa dapat berperan sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing di tempat yang tepat, serta menjadi eksekutor pengembangan NU ke depan.


“Sudah saatnya IPNU-IPPNU untuk berpikir secara global, dengan tuntutan perubahan yang semakin cepat. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika hanya menggelar kegiatan yang pasif serta seremonial saja,” pungkasnya.


Diketahui, pelatihan tersebut diikuti oleh 25 peserta. Mereka merupakan delegasi dari berbagai Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU.


Metropolis Terbaru