• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Tiga Akademisi UINSA Masuk Struktur PBNU, Ini Harapan Rektor

Tiga Akademisi UINSA Masuk Struktur PBNU, Ini Harapan Rektor
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah secara resmi mengumumkan struktrur kepengurusan melalui surat keputusan (SK) Nomor: 01/A.II.04/01/2022 tentang pengesahan susunan PBNU masa khidmat 2022-2027.

 

Dalam struktur itu terdapat tiga akademisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Ketiganya yaitu KH Abdul A’la, H Akhmad Muzakki, dan KH Muhammad Afifudin Dimyathi.

 

Menangapi hal itu, H Masdar Hilmy, Rektor UINSA mengucapkan selamat atas amanah untuk ketiga akademisi tersebut.

 

“Atas nama pribadi dan pimpinan  kami mengucapkan selamat dan sukses serta bangga atas terpilihnya tiga  orang dosen UINSA sebagai  pengurus PBNU,” ucapnya kepada NU Online Jatim, Rabu (12/01/2022).

 

Akademisi yang pernah mengenyam pendidikan di McGill University Kadana ini juga berharap ketiganya dapat memberikan yang terbaik untuk NU lima tahun kedepan.

 

“Semoga mampu memberikan kontribusi maksimal untuk NU, umat, nusa, bangsa dan negara,” ujarnya.

 

H Masdar juga mengapresiasi terkait masukknya beberapa perempuan di jajaran PBNU. “Sebuah perkembangan positif dan progresif untuk memberikan peluang dan kesempatan yang sama antara kiai dan nyai,” ungkapnya.

 

KH Abd A’la

Kiai Abdul A’la merupakan Guru Besar Bidang Sejarah Perkembangan Pemikiran Islam, Fakultas Adab dan Humaniora yang juga pernah menjabat sebagai Rektor UINSA Surabaya periode 2014-2018. Kiai A’la juga menjabat Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim. Serta baru-baru ini dikukuhkan Kementrian Agama (Kemenag) sebagai Majelis Masayikh dengan rumpun keilmuan Sejarah dan Peradaban Islam. 

 

H Akh Muzakki

Pria yang akrab disapa Prof Zaki ini peraih gelar Graduate Diploma in Southeast Asian Studies dari Fakultas Asian Studies The Australian National University (ANU) Canberra. Prof Zaki merupakan profesor bidang sosiologi pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial Politik. Ia saat ini juga menjabat sebagai Sekertaris PWNU Jatim dan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Jatim.

  

KH Afifuddin Dimyati

Berbeda dengan Kiai A’la dan Prof Zaki, Kiai Afifuddin Dimyati lebih dahulu masuk jajaran Syuriyah PBNU. Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang ini sebelumnya merupakan salah satu katib PBNU masa khidmat 2015-2020.


Editor:

Metropolis Terbaru