• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Tingkatkan Layanan Umat, LAZISNU di Sidoarjo Resmikan Griya Sedekah

Tingkatkan Layanan Umat, LAZISNU di Sidoarjo Resmikan Griya Sedekah
Peresmian Griya Sedekah UPZIS LAZISNU Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (06/04/2022).(Foto: NOJ/ Rachmad)
Peresmian Griya Sedekah UPZIS LAZISNU Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (06/04/2022).(Foto: NOJ/ Rachmad)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo meresmikan Griya Sedekah, Rabu (06/04/2022). Gedung Griya Sedekah yang diresmikan di momen Bulan Ramadhan ini berlokasi di Dusun Bandilan desa setempat guna meningkatkan layanan umat.
 

Ketua UPZIS LAZISNU Desa Kedungrejo Achmad Syafi’i mengatakan, keberadaan Griya Sedekah tersebut merupakan hasil kerja sama antara UPZIS LAZISNU Desa Kedungrejo dengan Pengurus Ranting (PR) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kedungrejo.
 

“Dengan konsep memberikan layanan kepada para munfiq dan penerima manfaat infaq secara optimal, sekaligus mencari potensi atau Sumber Daya Manusia (SDM) dari para mustahiq,” katanya.​​​​​​​
 

Syafi’i menceritakan, Griya Sedekah ini awalnya hanya sebatas kantor atau sebagai tempat untuk menyimpan perkakas milik UPZIS LAZISNU Kedungrejo seperti kotak infak, kaleng Koin NU Peduli, berkas data dan lainnya.
 

“Kini program Griya Sedekah semakin berkembang, nantinya juga akan berfokus pada perluasan pengembangan tupoksi pengelolaan infaq dan sedekah yang bergerak di layanan aqiqah dan penyediaan sembako murah,” ujarnya.
 

Selain itu, Griya Sedekah juga sebagai sarana untuk menjaring muzakki dan munfiq secara permanen atau menjadi donatur tetap UPZIS LAZISNU Desa Kedungrejo. Adapun yang menjadi sasaran bidang garap Griya Sedekah ini meliputi toko, restoran, pedagang kaki lima (PKL), dan lainnya.
 

“Oleh karenanya, Griya Sedekah ini kegiatannya lebih aplikatif melalui website dan e-money. Kami berharap, ke depan Griya Sedekah berkembang menjadi Toko NU Mart dan memiliki program fasilitas layanan modal usaha, latihan kerja dan sebagainya melalui pentasharrufan,” harapnya.​​​​​​​
 

Dijelaskannya, Griya Sedekah tersebut adalah kepanjangan tangan UPZIS LAZISNU Desa Kedungrejo dalam melayani para munfiq yang ingin menjadi donatur tetap serta memiliki data informasi terkait anak yatim, dhuafa, penyandang disaibiltas, dan lainnya.
 

Acara peresmian dihadiri oleh sejumlah pengurus UPZIS LAZISNU Desa Kedungrejo dan PR LPNU Kedungrejo, badan otonom (banom), serta tamu undangan lainnya.
 

Penulis: Rachmad


Editor:

Metropolis Terbaru