• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

Harlah Ke-37 Lakpesdam NU, Ini Harapan Ketua Cabang Nganjuk

Harlah Ke-37 Lakpesdam NU, Ini Harapan Ketua Cabang Nganjuk
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Nganjuk, NU Online Jatim
Tanggal 7 April merupakan hari lahir (Harlah) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU). Pada momentum Harlah ke-37 kali ini, Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Nganjuk, Edi Wiyono berharap bisa menambah semangat jajaranya dalam berkhidmah di jamiyah.
 

“Di momentum Harlah Lakpesdam ini, semoga menjadi penambah spirit dalam berkhidmah, berjuang untuk NU sebagaimana awalnya didirikan. Walaupun di tengah perkembangan zaman dan berbeda tantangannya,” ujar pria yang akrap disapa Edo tersebut, Kamis (07/04/2022).
 

Ia menerangkan, Lakpesdam NU memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar dalam melakukan kajian atupun penelitian.
 

Menurutnya, tim Lakpesdam NU Nganjuk memerlukan sumber data valid dan akurat dalam setiap program kajian yang dilakukan. Karena hasil kajian itu akan berkaitan dengan kepentingan Nadhliyin, pemerintah dan masyarakat umum di daerah setempat.
 

“Kajiannya Lakpesdam tidak hanya pada bidang agama. Tetapi di berbagai hal, misalnya bidang pendidikan, sosial, budaya, ekonomi dan lainya,” ungkapnya.
 

Untuk itu, jajaran Lakpesdam NU Nganjuk diharapkan mampu melakukan kajian strategis dan tepat sasaran. Pelaksanaan sensus itu diharapkan bisa menjadi pusat data bagi NU Nganjuk.
 

“Insyaallah kita mulai dengan pusat data, termasuk melalui aplikasi digital Sistem Informasi Strategis Warga Nahdlatul Ulama (SISNU),” lanjutnya.
 

Tak hanya itu, pusat data Lakspedam NU Nganjuk bisa meliputi hasil kajian ataupun penelitian tentang moderai beragama, kebijakan publik, peraturan-peraturan daerah, kondisi kemiskinan, kondisi pertanian, perkembangan industrialisasi dan lainya.
 

Melalui pusat data, ia bersama jajarannya akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas SDM masyaratat setempat. Kajianya berkaitan dengan pelatihan ideologi negara, bidang agama dan lainya.
 

Kini Lakpesdam NU Nganjuk juga bertekad menyesuaikan dengan karakter dan perkembangan masyarakat di erat digital.
 

“Kolaborasi berbagai pihak itu untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga di zaman yang sangat digital ini kita bisa melakukan percepatan,” katanya.
 

Meskipun demikian, ia berharap kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bisa memiliki program yang dapat dirasakan hingga di daerah.
 

“Kami berharap Lakpesdam PBNU memiliki progam yang bisa nyata dirasakan oleh warga NU sampai tingkat cabang, bahkan bisa saling kolaborasi,” pungkasnya.


Editor:

Matraman Terbaru