• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Kediri Raya

Ketua Lakpesdam NU Jatim Sebut Gus Dur adalah Filsuf

Ketua Lakpesdam NU Jatim Sebut Gus Dur adalah Filsuf
Listyono Santoso, Ketua Lakpesdam NU Jawa Timur. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)
Listyono Santoso, Ketua Lakpesdam NU Jawa Timur. (Foto: NOJ/ A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Listyono Santoso selaku Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Jawa Timur menyebut Gus Dur sebagai filsuf. Hal itu disampaikannya saat berbicara dalam diskusi oleh Lakpesdam NU Kota Kediri pada Selasa (18/01/2022).

 

"Pemikiran Gus Dur belum selesai, dia tidak hanya layak sebagai kiai tetapi juga filsuf," ungkapnya.

 

Alasan Cak Sulis, sapaan akrab Listyono Santoso, memaknai Gus Dur sebagai filsuf yaitu dibuktikan dengan karya tulisnya yang tidak sekadar menyuguhkan fakta, namun juga nilai yang sampai saat ini masih relevan diterapkan meskipun penulisnya sudah mati.

 

"Pemikirannya bisa ditafsirkan dengan konteks sekarang," tandasnya.

 

Dosen Universitas Airlangga Surabaya itu menyanjung Gus Dur sebagai sosok yang kompleks di masyarakat, karena semua identitas bisa melekat pada pribadi Gus Dur. "Tidak bisa membaca Gus Dur dengan satu sudut pandang, karena bukan pahlawan NU saja, namun juga bangsa," tuturnya.

 

Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia itu menegaskan bahwa jasa Gus Dur sangat besar kepada pesantren, karena berkat tulisanya bisa mengangkat citra pesantren hingga di kancah dunia.

 

"Orang Eropa tidak pernah mengenal pesantren secara keseluruhan sebelum Gus Dur mengenalkan dengan tulisanya," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru