• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 19 Januari 2022

Metropolis

Wagub Jatim Pastikan Sentra Vaksinasi di Tiga Stasiun KA segera Dioperasikan

Wagub Jatim Pastikan Sentra Vaksinasi di Tiga Stasiun KA segera Dioperasikan
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat meninjau lokasi sentra vaksinasi di Stasiun Surabaya. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak saat meninjau lokasi sentra vaksinasi di Stasiun Surabaya. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Untuk memfasilitasi dan memastikan berdirinya sentra vaksinasi di Stasiun Kereta Api (KA), Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya, Senin (05/07/2021). Langkah itu dilakukan untuk mendukung Instruksi Menteri Perhubungan (Menhub) RI terhadap berdirinya sentra vaksinasi di bandar udara dan stasiun KA.

 

Emil mengatakan, rencana berdirinya sentra vaksinasi di Stasiun KA merupakan sesuai instruksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang menyatakan bahwa sentra vaksinasi akan didirikan di beberapa bandara dan stasiun. Dengan didirikannya pos vaksinasi tersebut diharapkan dapat mempercepat vaksinasi Covid-19 di Indonesia, terutama di Jawa Timur.

 

"Sudah ada beberapa stasiun yang sudah memiliki fasilitas ini, salah satunya di Jatim adalah di Kabupaten Jember. Untuk langkah awal (di Stasiun Gubeng Surabaya) akan disiapkan tenaga vaksinator terlebih dahulu dan satu tenaga screening. Paling cepat, besok sudah mulai diterapkan," kata Emil dalam keterangan tertulis diterima Selasa (06/07/2021).

 

Adapun kendala yang ditemukan, Emil menyampaikan, bahwa sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) di Stasiun Gubeng Surabaya saat ini tengah melakukan isolasi mandiri (Isoman). Sehingga yang tersisa hanya satu nakes saja.

 

"Insya Allah dengan ada satu nakes ini, tadi kami sudah berkomunikasi lewat Dinkes Provinsi dan Kota Surabaya dan disambut baik. Memang tenaga kesehatan di Surabaya saat ini semua sedang fokus melakukan vaksinasi massal supaya tercapai targetnya. Apalagi saat ini usia 12 sampai 17 tahun juga bisa divaksinasi," papar Emil.

 

Mantan Bupati Trenggalek itu juga mengatakan, kegiatan vaksinasi di Stasiun Gubeng Surabaya sepenuhnya akan mengandalkan nakes dari klinik KAI. Disamping itu, pelaksanaannya akan diampu puskesmas terdekat di sekitar stasiun.

 

Dalam waktu dekat, sebut Emil, persiapannya akan diterapkan juga di seluruh Stasiun KA di bawah naungan PT KAI Daop 8 Surabaya, yakni di Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Stasiun Malang.

 

"Oleh karena itu KAI Daop 8 Surabaya akan segera berkoordinasi dengan Kadinkes. Kami akan tembusi dan ikut mengawal," ujar Emil.

 

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arief menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Jatim terkait adanya program vaksinasi di tiga stasiun di bawah naungan PT KAI Daop 8 Surabaya, yakni di Stasiun Gubeng Surabaya, Stasiun Pasar Turi Surabaya dan Stasiun Malang.

 

"Karena ini merupakan program pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi nasional. Kami support. Kami juga sampaikan kendala kepada Pak Wagub, mudah-mudahan segera ada solusi agar terealisasi vaksinasi kepada penumpang di Gubeng, Pasar Turi dan Malang," jelas Luqman.

 

Editor:  Nur Faishal


Metropolis Terbaru