• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 April 2024

Metropolis

PORSENI NU

Wakil Ketua KONI Jatim: Prestasi Juara Umum Porseni Perlu Ada Follow Up

Wakil Ketua KONI Jatim: Prestasi Juara Umum Porseni Perlu Ada Follow Up
Wakil Ketua KONI Jatim, H Ma'ruf Syah. (Foto: NOJ/ Media Center PWNU Jatim)
Wakil Ketua KONI Jatim, H Ma'ruf Syah. (Foto: NOJ/ Media Center PWNU Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Kontingen Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur meraih juara umum di ajang Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) 2023 di Kota Surakarta. Anugerah ini mendapat apresiasi dari banyak pihak, salah satunya H Ma’ruf Syah selaku Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur.


H Ma’ruf Syah mengatakan, prestasi juara umum Porseni NU 2023 oleh PWNU Jatim merupakan capaian yang patut disyukuri. Hal ini berkat kerja sama yang baik seluruh pihak dan doa para masyayikh NU.


“Dan, tentu ini momen bersejarah dan kado menjelang 1 abad NU,” ujarnya dalam keterangan yang diterima NU Online Jatim, Kamis (26/01/2023).


Namun demikian, lanjut Ma’ruf Syah, hal yang jauh lebih penting dari raihan prestasi tersebut ialah perlunya ada follow up atau tindak lanjut untuk para atlet, yang menjadi delegasi PWNU Jatim pada gelaran Porseni NU yang pertama itu.


“Para atlet ini harus dikawal sampai ke jenjang prestasi selanjutnya. Bukan hanya tingkat nasional, tapi juga ke jenjang international,” ungkapnya.


Oleh karenanya, guna mencapai hal itu diperlukan langkah-langkah pembinaan yang kongkrit kepada para atlet. Pembinaan tersebut bersifat menyeluruh dan menyasar atlet semua cabang olahraga, mulai pencak silat, bola voli, dan lainnya.


“Dan tak lupa juga perlu dipikirkan untuk memberikan bonus kepada atlet yang meraih medali,” kata Ma’ruf Syah.


Sebagai informasi, kontingen PWNU Jatim pada Porseni NU 2023 meraih juara umum dengan akumulasi medali terbanyak di antara kontingen lainnya, yakni 54 medali. Rinciannya, yaitu 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu.


Raihan 21 medali emas tersebut disumbangkan cabang olahraga (cabor) pencak silat  sebanyak 19 medali emas. Sedangkan dua medali emas sisanya diperoleh dari cabang bola voli pelajar putri dan Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK).


Sementara peringkat kedua perolehan medali terbanyak ditempati kontingen PWNU DKI Jakarta yang menyabet 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu. Serta, delegasi PWNU Jateng di posisi ketiga dengan 7 emas, 11 perak, dan 16 perunggu.


Metropolis Terbaru