• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 Februari 2024

Metropolis

PORSENI NU

Dilepas Gubernur, Kontingen PWNU Jatim Target Juara Umum Porseni NU 2023

Dilepas Gubernur, Kontingen PWNU Jatim Target Juara Umum Porseni NU 2023
Pelepasan Kontingen PWNU Jatim menuju Porseni NU tahun 2023 di Kota Surakarta. (Foto: NOJ/ Media Center)
Pelepasan Kontingen PWNU Jatim menuju Porseni NU tahun 2023 di Kota Surakarta. (Foto: NOJ/ Media Center)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) melepas kontingen menuju Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) tahun 2023 di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pelepasan dilakukan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al-Akbar Timur Nomor 9 Surabaya, Sabtu (14/01/2023) siang.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengawali sambutannya dengan menyapa peserta masing-masing cabang olahraga (cabor) dengan pembacaan shalawat.


"Bulu tangkis, allahumma shalli ala Muhammad. Bola voli, allahumma shalli ala Muhammad. Sepak bola, allahumma shalli ala Muhammad," ujar Gubernur Khofifah diikuti gema shalawat dari para peserta.


Ia menyampaikan, bahwa kontingen PWNU Jatim ditargetkan untuk meraih juara umum di ajang Porseni NU 2023 tersebut. Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan menyiapkan bonus bagi atlet-atlet yang menyabet medali.


"Target juara umum. Sebagaimana disampaikan Kiai Marzuki tadi, yang dimaksud juara ialah juara umum," ungkapnya.


Sebelumnya, Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar mengatakan, di Porseni NU kontingen PWNU Jatim insya Allah akan meraih juara. Lantas, pihaknya menanyakan kesiapan para atlet dalam merengkuh gelar juara tersebut.


"Insya Allah Jatim juara. Pesantren juara. Wajib juara. Siap?," tanya Kiai Marzuki dan dijawab kesiapan para atlet meraih prestasi tertinggi.


Dikatakan oleh Kiai Marzuki, bahwa PWNU Jatim akan menyiapkan uang pembinaan bagi atlet yang berhasil meraih medali. Dirinya pun menekankan agar Jatim menyabet juara dengan cara yang sportif.


"Jatim punya karakter yang sportif. Ayo juara dengan cara yang baik. Semoga Jatim juara," tutur Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Gasek, Malang itu.


Diberitakan sebelumnya, bahwa total atlet dari PWNU Jatim yang mengikuti Porseni NU 2023 adalah sebanyak 459 santri. Mereka terbagi dalam dua tim, yakni tim Jawa Timur 1 dan Jawa Timur 2.


Ratusan atlet yang tergabung tersebut berasal dari madrasah, pesantren, dan perguruan tinggi se-Jawa Timur. Mereka telah melalui proses seleksi dan terpilih menjadi kontingen PWNU Jatim dalam Porseni NU tingkat nasional.


Terdapat tujuh macam perlombaan di ajang Porseni NU 2023. Yakni, cabor sepak bola, bulu tangkis, bola voli, dan pencak silat. Selain itu, di bidang kesenian ada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Qira'atul Kutub (MQK), dan menghafal kitab Alfiyah.


Metropolis Terbaru