• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Pantura

Ajang Silaturahim, IPNU-IPPNU Tuban Gelar Jambore Pelajar dan Santri

Ajang Silaturahim, IPNU-IPPNU Tuban Gelar Jambore Pelajar dan Santri
Penyerahan trophy juara umum oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Tuban. (Foto: NOJ/ISt)
Penyerahan trophy juara umum oleh Ketua PC IPNU-IPPNU Tuban. (Foto: NOJ/ISt)

Tuban, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban kembali mengadakan Jambore Pelajar dan Santri (Jamboras) di Agro Park Desa Klumpit, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Sabtu-Ahad (18-19/05/2024).


Peserta Jamboras ini merupakan delegasi yang berasal dari setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU se-Kabupaten Tuban untuk memperebutkan 18 trophy juara dan 1 trophy juara umum.


Tema bertajuk ‘Cultured Student, Jamboras 2024’ ini mengkolaborasikan antara unsur tradisi, religi, akademik dan juga soft skill pelajar. Berbagai perlombaan digelar mulai dari Paduan Suara, Debat Santri Millenial, Olimpiade Aswaja, The Voice, Gobak Sodor dan Rekan chef.


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban, KH Ahmad Damanhuri menyampaikan, jambore merupakan kegiatan yang baik sebagai ajang silaturahim, dalam agama Islam pun juga melaksanakan Jambore bersama umat Islam seluruh dunia di setiap tahunnya, yakni ibadah haji.


“IPNU-IPPNU ini merupakan wadah yang lengkap sebagai organisasi pelajar, mulai dari tradisi, religi dan juga peningkatan skill,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Manba'ul Huda Rengel ini.


Sementara Ketua PC IPNU Tuban, Wisnu Mahendra menjelaskan, kegiatan Jamboras ini sebagai wadah untuk bertemu serta tegur sapa antar kader dan PAC. Untuk seluruh peserta agar senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga sopan santun di area lokasi Jamboras.


“Berkompetisi bukan semata-mata untuk mencari juara, akan tetapi pengalaman dan persaudaraanlah yang utama,” ujar lulusan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini.


Dalam Jamboras edisi 2024 ini, PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Montong berhasil meraih juara umum dengan total 17 poin dan di susul PAC IPNU-IPPNU Bangilan di urutan kedua.


Penulis: Arda Wijaya


Pantura Terbaru