• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Pantura

Cara Pagar Nusa Unisla Sosialisasikan 3S ke Desa-desa

Cara Pagar Nusa Unisla Sosialisasikan 3S ke Desa-desa
Pembukaan kegiatan Pagar Nusa Unisla di Trimulyo, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/TNM)
Pembukaan kegiatan Pagar Nusa Unisla di Trimulyo, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/TNM)

Lamongan, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Universitas Islam Lamongan berkegiatan. Contohnya pada Sabtu (28/08/2021), pesilat-pesilat Pagar Nusa Unisla semangat menyebarkan semangat 3S (shalat, shalawat dan silat) di Trisnomulyo, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Lamongan.  

 

Kegiatan itu bagian dari kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kemendikbud RI. Kepala Biro Kemahasiswaan Unisla Noer Rafikah Zulyanti mengapresiasi kepada UKM PSNU Pagar Nusa Unisla karena mampu lolos mendobrak PHP2D Kemendikbud RI tahun 2021.

 

“Selamat kepada tim pengusul yang lolos program (PHP2D) ini. Di Unisla ada 28 proposal yang diajukan, yang lolos tahun ini masih empat, salah satunya UKM PSNU Pagar Nusa. Program holistik harus diusulkan oleh UKM, karena dalam UKM tidak hanya satu bidang pendidikan saja, satu UKM terdapat macam disiplin ilmu," katanya.

 

Ketua Cabang PSNU Pagar Nusa Lamongan Moch Mahfud juga memberikan apresiasi atas program kegiatan aktualisasi ini yang akan dilakukan oleh pengurus dan anggota UKM PSNU Pagar Nusa Unisla di lingkungan Trisnomulyo.

 

“Shalat menjadi dasar yang harus diajarkan oleh teman-teman mahasiswa Unisla kepada anak-anak karena menjadi kewajiban individunya kepada Tuhannya. Shalawat juga harus diajarkan bisa jadi nanti menjadi ikon yang bisa ditonjolkan dari Trisnomulyo, dan juga silat harus diajarkan karena bisa mengangkat prestasi sebagai pembinaan mental dan spiritual,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua UKM PSNU Pagar Nusa Unisla Khabibul Cahyo Agung menambahkan bahwa kegiatan pembinaan dan pemberdayaan generasi muda melalui 3S akan dilakukan secara teratur dan terjadwal, diikuti oleh anak-anak yang ada di lingkungan Trisnomulyo.

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru