• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Pantura

IPNU-IPPNU Babat Dorong Kader jadi Generasi Unggul

IPNU-IPPNU Babat Dorong Kader jadi Generasi Unggul
Pelatihan Kader Unggulan atau Pelaku yang dilaksanakan oleh PAC IPNU-IPPNU Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)
Pelatihan Kader Unggulan atau Pelaku yang dilaksanakan oleh PAC IPNU-IPPNU Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan menggelar Pelatihan Kader Unggulan atau Pelaku. Kegiatan ini dipusatkan di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Futuhiyah, Desa Gendongkulon, Kecamatan Babat, Lamongan, Jum'at-Ahad (04-06/02/2022).

 

Ketua PAC IPNU Babat, Moh Mirza Amirul menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kaderisasi non formal yang bertujuan untuk mencetak kader unggul. Serta mampu menciptakan kader yang memiliki jiwa kepemimpinan dan inovatif.

 

"Melalui program tersebut kami mendorong pemuda agar bertindak lebih aktif, utamanya dalam kegiatan-kegiatan organisasi,” imbuhnya.

 

Ia menjelaskan, bahwa yang menjadi pembeda kegiatan tersebut dengan pengkaderan IPNU-IPPNU lainnya ialah pada aspek teori yang berbasis Positive Youth Development (PYD). Yaitu, penjelasan kerangka kerja yang menguraikan persepsi yang diperlukan pemuda untuk berperan dan berperilaku positif.

 

“Teori ini menganut model perkembangan dan memberikan peluang yang dialogis bagi pemuda untuk berperan aktif dalam kegiatan yang bermanfaat," jelasnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa berbagai kesempatan dan upaya yang dimiliki pemuda dimungkinkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu, hal tersebut dengan tetap berpegang teguh pada hal-hal yang berkembang di tengah masyarakat.

 

“Kesempatan tersebut perlu dimanfaatkan sebaik mungkin guna merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, serta mendorong sejumlah layanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.


Pantura Terbaru