• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pantura

IPNU Jatim Tegaskan Bakal Kuatkan Kaderisasi Pelajar melalui Komisariat

IPNU Jatim Tegaskan Bakal Kuatkan Kaderisasi Pelajar melalui Komisariat
Aan Andri Ardiansyah Wakil Ketua Bidang Komisariat PW IPNU Jatim.
Aan Andri Ardiansyah Wakil Ketua Bidang Komisariat PW IPNU Jatim.

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur menegaskan bahwa kaderisasi segmen pelajar sekolah swasta maupun negeri akan dilakukan secara serius melalui komisariat. Hal ini guna menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan progresivitas pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di masa yang akan datang.


"Alhamdulillah, keseriusan kami dalam menggarap segmen pelajar di sekolah swasta maupun negeri yang ada di Jawa Timur ini sudah mencapai titik serius dan maksimal. Karena pelajar merupakan wahana untuk menyelami segala bentuk potensi diri yang ada di setiap individu," ujar Aan Andri Ardiyansah, Wakil Ketua Bidang Jaringan Sekolah PW IPNU Jatim, Selasa (19/04/2022).


Ia menjelaskan bahwa beberapa capaian prestasi yang sudah didapatkan IPNU Jatim merupakan bukti keseriusannya dalam memfokuskan arah dan langkah gerak kaderisasi NU. Mulai dari akar rumput yang paling dasar yakni sekolah, baik dalam naungan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU, Kementerian Agama (Kemenag), maupun Dinas Pendidikan.


"Kami dari PW IPNU Jawa Timur bahkan sudah sukses memulai langkah dengan melakukan MoU dengan Pengurus Wilayah LP Ma'arif NU Jawa Timur dan Dinas Pendidikan Jawa Timur untuk menghadirkan dan mendirikan pimpinan komisariat sekolah di beberapa daerah," ungkapnya.


Ia memaparkan bahwa bentuk keseriusan PW IPNU Jatim sudah terbukti salah satunya dengan menerbitkan buku pedoman komisarat. 


"Di PW IPNU Jatim juga sudah membuat gerakan pendamping belajar bagi para pelajar dengan program "IPNU Educare". Kami berhasil membuat gerakan 2000 komisariat IPNU secara massif di sekolah swasta maupun negeri yang ada di Jawa Timur dengan gerakan IPNU back to school dan IPNU back up school," jelasnya.


Pemuda asal Babat ini juga mengatakan bahwa pimpinan komisalriat merupakan ujung tombak IPNU dalam sekolah formal. Bahkan, IPNU hadir sebagai wadah kaderisasi sekaligus sebagai percepatan kreativitas dan inovasi untuk kadernya.


"Departemen Jaringan Sekolah PW IPNU Jawa Timur berharap gerak IPNU di sekolah formal semakin massif. PBNU telah mengamanahkan segmen pelajar kepada IPNU, maka kita juga harus serius," bebernya.


Andri juga menyatakan bahwa IPNU di sekolah nantinya akan berorientasi untuk membantu sekolah dalam mengembangkan skill siswa.


"Selain itu IPNU juga berorientasi untuk menyiapkan regenerasi kepemimpinan NU di masa depan," pungkasnya.


Editor:

Pantura Terbaru