• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Pantura

Kesan Langitan Salurkan Bantuan untuk Palestina Lewat LAZISNU Tuban

Kesan Langitan Salurkan Bantuan untuk Palestina Lewat LAZISNU Tuban
Penyerahan bantuan untuk Palestina dari LAZIS Kesan Langitan ke LAZISNU PCNU Tuban, Selasa (28/11/2023). (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)
Penyerahan bantuan untuk Palestina dari LAZIS Kesan Langitan ke LAZISNU PCNU Tuban, Selasa (28/11/2023). (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Keluarga Santri dan Alumni (Kesan) Pondok Pesantren Langitan Tuban menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Bantuan tersebut disalurkan melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban.

 

Bantuan senilai Rp300 juta tersebut secara simbolis diserahkan di Kantor PCNU Tuban, Jalan Diponegoro Nomor 17 Tuban, Selasa (28/11/2023). Penyerahan diberikan langsung oleh Ketua Kesan Langitan kepada Ketua PCNU Tuban.

 

Ketua Kesan Langitan KH M Syakir Ridho mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan donasi dari berbagai unsur baik perorangan maupun lembaga.

 

"Pendapatan paling banyak adalah perorangan dari unsur alumni. Juga ada donasi dari kalangan santri baik putra maupun putri," ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Kiai Syakir Ridho menambahkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya hasil penggalangan dana untuk Palestina tanpa mengurangi sedikitpun nilai rupiahnya. Diharapkan, hasil penggalangan itu bisa memberikan manfaat bagi warga Palestina.

 

"Oleh karena itu amanah ini kami kerja samakan dengan LAZISNU Tuban untuk menyerahkan bantuan Palestina ini 100 persen tanpa mengurangi dari satu rupiah pun," terangnya.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Tuban KH Ahmad Damanhuri sangat mendukung penuh atas ikhtiar yang dilakukan Kesan Langitan dalam upaya menggalang dana untuk Palestina. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk keprihatinan terhadap musibah yang terjadi.

 

"Penggalangan dana seperti hari ini kita sebagai umat beragama ini tentu terbentuk sekali keprihatinan atau perasaan kita ketika ada musibah tragedi kemanusiaan baik di dalam negeri maupun di luar ini," katanya.

 

Kiai Daman pun merasa termotivasi oleh langkah Kesan Langitan yang telah menyerahkan sepenuhnya hasil penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan melalui LAZISNU PWNU Jatim.

 

"Semoga menjadi motivasi PCNU Tuban untuk melakukan penggalangan dana, baik lewat MWCNU atau Ranting NU, lembaga maupun komunitas Nahdliyin lainnya," ucapnya.

 

Dirinya pun berharap agar kebaikan yang telah dilaksanakan oleh Kesan Langitan maupun PCNU Tuban dibalas oleh Allah dengan yang lebih baik.

 

"Semoga ikhtiar dari semua pihak ini dibalas oleh Allah SWT sebagai bentuk iman kita kepada umat Islam, khususnya yang dilanda tragedy kemanusiaan," pungkasnya.


Pantura Terbaru