• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Pantura

Ketua IPPNU Jatim Ingatkan Lagi, Menuntut Ilmu Harus Ada Guru

Ketua IPPNU Jatim Ingatkan Lagi, Menuntut Ilmu Harus Ada Guru
Puput Kurniawati, Ketua PW IPPNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/Titik Nur Ma'rufah)
Puput Kurniawati, Ketua PW IPPNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/Titik Nur Ma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Puput kurniawati, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Timur menyampaikan bahwa di era pandemi seperti ini niatkan belajar untuk mencari ilmu untuk menghilangkan kebodohan dan mengisi waktu luang. 


Dia mengingatkan kembali bahwa menuntut ilmu disyaratkan ada gurunya.


Hal itu disampaikan Puput pada acara Bincang NU Online Jatim Ramadhan (Binnur) dengan tema Akhlak Mencari Ilmu pada kamis (14/04/22).


Ia menyampaikan bahwa ketika mencari ilmu harus ada gurunya yang jelas dan baik, tentunya juga di lingkungan yang baik, karena mencari ilmu itu penuh tantangan dan cobaan. 


"Yang harus dikuatkan dalam mencari ilmu yakni niat dan kemauan, karena kalau tidak ada niat dan kemauan yang kuat dalam mencari ilmu akan putus ditengah jalan," ujarnya.


Puput menambahkan bahwa mencari ilmu itu harus ada guru yang jelas. Karena saat ini banyak orang yang belajar hanya melalui YouTube, namun tidak jelas sanad dan asal muasalnya dari mana. Padahal, salah satu syarat mencari ilmu yakni harus ada guru yang jelas.


"Kita boleh mencari ilmu dari youtube namun harus kita shohihkan lagi, kecuali dari guru dan sanad yang sudah jelas bisa diikuti," tambahnya.


Pantura Terbaru