• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Pantura

Pedagang Swalayan Tuban Semringah Didatangi Mahasiswa IIKNU, kenapa?

Pedagang Swalayan Tuban Semringah Didatangi Mahasiswa IIKNU, kenapa?
Mahasiswa IIKNU Tuban saat membagikan masker ke pedagang. (Foto: NOJ/
Mahasiswa IIKNU Tuban saat membagikan masker ke pedagang. (Foto: NOJ/

Tuban, NU Online Jatim

Para pedagang di Swalayan Tuban terperangah ketika puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) setempat datang, Sabtu (07/08/2021). Setelah tahu apa maksud kedatangan mereka, para pedagang pun semringah dan dengan ramah menyambut para mahasiswa.

 

Puluhan mahasiswa itu ternyata tengah melakukan aksi bagi-bagi seribu masker sembari menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Tidak hanya mahasiswa, aksi bertema Maskerku Pelindungmu, Maskermu Pelindungku, itu juga dihadiri Wakil Wakil Rektor 3 IIKNU Tri Yunita Fitriya Damayanti dan dosen kelas Nur Maziyah.

 

Total seribu masker yang dibagikan mahasiswa IIKNU. Mulanya masker disebar di kawasan Kepolisian Resor Tuban, kemudian ke GOR setempat. Baru setelah itu para mahasiswa membagikan masker ke para pedagang dan pengunjung di tempat-tempat pusat perbelanjaan di Kota Tuban.

 

Ketua BUM IIKNU Tuban, Erwin, menuturkan, kegiatan bagi masker itu menjadi edukasi kepada masyarakat sekaligus untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

 

“Masyarakat kita ingatkan untuk terus mengenakan masker, apalagi ini waktunya PPKM,” ujarnya.

 

Bagi-bagi masker juga menjadi salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga, yakni pengabdian kepada masyarakat.

 

“Jusru hal yang kita lakukan ini menjadi nilai ibadah plus-plus, untuk saling mengingatkan kepada sesama untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah” kata Erwin.

 

Ia juga berharap budaya memakai masker tetap terjaga, sehingga penularan Covid-19 segera terhenti.

 

“Saya sangat mengharapkan penggunaan masker tidak hanya di waktu ada Covid, namun bagaimana budaya pemakaian masker ini selalu terjaga, bahkan pada saat pandemi Covid-19 ini sudah hilang,” harap Erwin.

 

Penulis: Dhahrul Mustaqim

 

Editor: Nur Faishal


Pantura Terbaru