• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Pantura

Pemukulan Bedug, Tanda Pemberangkatan 1150 Calon Jamaah Haji Tuban

Pemukulan Bedug, Tanda Pemberangkatan 1150 Calon Jamaah Haji Tuban
Jamaah haji Kabupaten Tuban mengikuti pembukaan sebelum diberangkatkan. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Jamaah haji Kabupaten Tuban mengikuti pembukaan sebelum diberangkatkan. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Sebanyak 1.150 Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2024 Kabupaten Tuban diberangkatkan pada Senin (13/05/2024) di Pendopo Krido Manunggal Tuban yang dipimpin langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dengan ditandai pemukulan bedug beberapa kali.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan, jamaah haji sebanyak 4 Kelompok Terbang (kloter) nantinya akan langsung menuju embarkasi Surabaya pada jam yang berbeda.


"Jamaah haji kloter 11 dan 12 langsung menuju ke embarkasi Surabaya, karena masuk di asrama haji jam 17.00, kloter 12 jam 18.00. Sedangkan untuk kloter 13 dan 14 akan transit masjid Al Akbar dan masuk ke embarkasi pada jam 21.00," ujarnya.


Menurutnya, dari empat kloter masing-masing kloter asal Kabupaten Tuban tersebut terdapat 336 jamaah haji. Kloter 11, 12 dan 13 sebanyak 366 jamaah dan kloter 14 sebanyak 57 jamaah.


Adapun rincian jamaah haji dalam setiap kloternya adalah kloter 11 dengan 366 jamaah, Kloter 12 dengan 366  jamaah, kloter 13 dengan 336  jamaah, dan kloter 14 dengan 57 jamaah gabungan dengan Kota Batu, Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban.


Umi juga menitip pesan kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatannya agar tetap stabil selama menjalankan ibadah haji, mengingat cuaca di Arab Saudi suhunya cukup panas.


“Yang perlu diwaspadai cuaca di Arab Saudi sampai 40 derajat celcius, diharapkan  jamaah haji untuk tetap menjaga kesehatan, jangan sampai dehidrasi,” pesannya.


Pihaknya menegaskan agar semua jamaah haji tidak memisahkan diri dari rombongannya saat melaksanakan aktivitasnya. “Jangan sampai nanti jamaah haji yang sudah beregu untuk tidak pisah dengan rombongannya,” pungkasnya.


Pantura Terbaru