• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Pantura

Peringati Hari Santri, NU Lamongan Laksanakan Khitan Gratis Sebulan

Peringati Hari Santri, NU Lamongan Laksanakan Khitan Gratis Sebulan
Pelaksanaan khitan gratis yang diadakan PCNU Lamongan. (Foto: NOJ/ Muhammad Idris).
Pelaksanaan khitan gratis yang diadakan PCNU Lamongan. (Foto: NOJ/ Muhammad Idris).

 

Lamongan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU)  Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Nasrul Ummah melaksanakan Khitan Massal Gratis selama sebulan mulai hari ini, Jum'at (22/10). Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

 

Khitanan massal ini akan digelar hingga tanggal 22  November 2021 mendatang. Setiap harinya, ada maksimal empat orang anak yang akan dikhitan secara gratis.

 

Kepala Satuan Kordinator Cabang Banser (Kasatkorcab) Kabupaten Lamongan,  Amalan mengatakan, khitanan massal akan diikuti sekitar 50 anak. “Untuk 50 anak adalah rekomendasi dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), ranting, lembaga, serta badan otonom NU," katanya.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam acara khitanan missal. “Karena akan diadakan di setiap rumah warga setempat, jadi orang tua mereka tidak perlu repot-repot ke rumah sakit," ungkapnya.

 

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan salah satu kontribusi NU untuk masyarakat Lamongan.

 

“Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dapat meningkatkan kita untuk peduli satu sama lain. Peduli kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Saya berharap ke depan kader-kader NU, Ansor dan Banser Kabupaten Lamongan semakin solid untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

 

Sementar itu, Direktur RSI NU Kabupaten Lamongan, dr Muwardi Romli dalam acara khitanan massal ini menjelaskan, tenaga medis yang terlibat sebanyak dua orang. Mereka memang sudah terbiasa praktik khitanan.

 

“Insyaallah kami dari tenaga medis siap untuk mendarmakan ilmu dan tenaga kami dalam kegiatan khitanan masal seperti ini. Karena itu adalah sumpah kami," terangnya.

 

Dokter Mawardi juga mengajak Nahdlyin untuk menggunakan layanan kesehatan Rumah Sakit Islam NU.

 

Rangkaian kegiatan khitanan massal ini sebelumnya diawali dengan apel Hari Santri yang dihadiri pengurus PCNU Lamongan. Serta pengurus MWCNU, ranting NU, lembaga, dan Badan Otonom di lingkungan PCNU Kabupaten Lamongan.

 

 

Khitanan massal dilaksanakan setiap hari dengan 4 peserta khitan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Penyelengaraan khitanan massal ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Penulis: Mohammad Idris


Editor:

Pantura Terbaru